Mahasiswa TI - Poltek HB Kembali Raih Juara Apps Innovation di event Invfest 4.0 - Institut Teknologi Telkom

Sabtu,23 November 2019 Mahasiswa D IV Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) mengikuti Grand Final Event Invfest 4.0 - di ruang Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Event berskala nasional yang mengambil tema "Innovation Key to Growth Economy with Financial Technology" ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom. Dalam Kegiatan Invfest 4.0 terdapat 2 rangkaian kompetisi IT yang terdiri dari : UI/UX Exploration untuk tingkat SMA sederajat dan Apps Innovation untuk tingkat Mahasiswa. Dalam hal ini mahasiswa TI PHB mengikuti Apps Innovation. Kegiatan yang dilaksanakan mulai dari dari bulan Agustus 2019 ini dibagi dalam beberapa tahap, yaitu: pendaftaran, penyisihan serta berakhir di tahap penjurian grand final pada tanggal 23 November 2019 yang diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Grand Final tersebut juga diikuti oleh tim mahasiswa TI Poltek HB yakni Tim Afrilaffafir yang terdiri dari :   Daffa Zuhdan Muhtar, Moh. Akhil Afriliawan, dan Firman Pamungkas. Berkat kerja keras dan kesungguhan yang dilakukan oleh mereka, maka di acara grand final tersebut, tim Afrilaffafir mampu meraih juara 3 dengan pesaing pada grand final berasal dari Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Malang, UGM, UII dan UNSOED. Dalam even tersebut, produk Apps Innovation yang dibuat oleh Tim Afrilaffafir yakni berupa Aplikasi Mobile yang diberi nama : Esportal yang merupakan platform aplikasi android yang digunakan untuk manajemen pertandingan E-Sport, seperti : Mobile Legend, PUBG dan lainnya. Aplikasi ini terdiri dari berbagai macam fitur, seperti : pendaftaran, pengaturan lawan tanding, waktu tanding, level pertandingan, manajemen pertandingan, hingga dilengkapi dengan fitur manajemen gathering untuk sesama penghobi E-Sport.

 Daffa yang merupakan ketua tim Afrilaffafir menuturkan bahwa aplikasi yang dibangun bersama dengan timnya sudah dapat mengakomodir kebutuhan penyelenggara dan peserta E-Sport disemua level, wilayah, bahkan aplikasi Game yang dilombakan tersebut. Secara Terpisah, Ginanjar Wiro Sasmito selaku Pembimbing dan Ka Prodi TI-Poltek HB sangat bersyukur atas keberhasilan mahasiswanya yang dapat meraih juara 3. Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Politeknik Harapan Bersama dan ini untuk kesekian kalinya mahasiswanya mampu menorehkan prestasi di even-even kompetisi tingkat nasional. Ia mengatakan bahwa semestinya aplikasi tersebut harus dilanjutkan sampai pada tahapan yang lebih sempurna sehingga bisa diimplementasikan / diterapkan. Ginanjar memiliki harapan besar bagi mahasiswa di prodi yang dipimpinnya, agar pencapaian ini dapat menggugah semangat dan kreativitas mahasiswa untuk lebih berminat dalam mengikuti kompetisi di tingkat nasional maupun internasional. Sehingga ini dapat menjadi tolak ukur keberhasilan daya serap mahasiswa terhadap kurikulum maupun materi kuliah yang diberikan oleh dosen, selain itu juga dapat mengangkat derajat maupun daya tawar mahasiswa, dosen, prodi dan kampus di kancah nasional.

25 November 2019 - 20:56:00 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Teknik Informatika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa