Peran Bidan Dalam Mengawal 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Menyiapkan Generasi Cinta Sehat

Tegal, 14 November 2015 bertempat di Aula kampus Politeknik Harapan Bersama yang berada di Jl. Mataram no. 09 Tegal berlangsung Pelantikan pengurus IBI ( Ikatan Bidan Indonesia)  Ranting Kota Tegal dan seminar IBI dalam rangka HKN ke 51 dengan tema : Peran Bidan dalam Mengawal 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk menyiapkan Generasi cinta sehat siap membangun Negeri dengan jumlah Peserta 300 terdiri dari 200 bidan anggota Ibi Cabang Tegal dan 100 Mahasiswa DIII Kebidanan Politeknik Harapan Bersama. Hadir dalam seminar tersebut Kepala Dinas Kesehatan kota Tegal, Ketua IBI, Pengurus IBI Cabang Ranting Kota Tegal dan Anggota serta sivitas akademika Politeknik Harapan Bersama antara lain Wadir 1, wadir 3, Ka. Prodi dan Ka. Unit.

Ketua Panitia kegiatan tersebut Ulfatul Latifah, M. Kes menyampaikan bahwa seminar yang diadakan ini dalam  rangka partisipasi IBI Cabang Kota Tegal yang bekerjasama  dengan Prodi Kebidanan Politeknik Harapan Bersama dalam rangka peringatan HKN ke-51 tahun 2015 dengan tujuan meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan khususnya bidan dalam menyiapkan geberasi cinta sehat siap membangun Negeri, pada minggu yang lalu juga diadakan Lomba Voly Tenaga Kesehatan Di Kota Tegal dan ”SENAM DAN YOGA BERSAMA 100 IBU HAMIL SEHAT rangkaian kegiatan ini diadakan dalam rangka peringatan HKN ke-51, semua kegiatan ini di laksanakan di Kampus kami tandas ulva yang juga Ka. Prodi DIII kebidanan Politeknik Harapan Bersama.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal  Dr. Moehammad Hafids, M.Kes menyampaikan  bahwa menyambut dan mengapresiasi kegiatan seminar ini apalagi mengusung tema tentang peran bidan, tema ini sangat baik, actual dan futuristikdikatakan sangat baik karena tema tentang awal kehidupan manusia sarat akan nilai nilai ilayah, dikatakan actual karena tema ini sangat sesuai dengan kondisi terkini kesehatan di kota tegal serta selaras dengan pendekatan pembangunan kesehatan di kota tegal saat ini yaitu contindum of care sebagai basis pendekatan pelayanan prima sedang futuristic karena tema ini mencerminkan harapan masa depan bangsa yang lebih baik dengan pengelola secara benar upaya kesehatan di 1000 awal kehidupan, beliau berpesan  dan menaruh harapan besar agar seminar ini dapatmeberikan pencerahan hati, pencerahan pola fikir dan pola tindak kepada semua bidan yang hadir dan mengikuti seminar ini tandasnya.

Pembicara dalam Seminar tersebut dr. Iis Lestari, Sp.A menyampaikan bagaimana pentingnya Bidan mengawal 1000 hari pertama kelahiran, periode 1000 hari ini dapat diartikan sebagai 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada kehidupan pertama bayi dilahirkan, sejak konsepsi sampai anak usia 2 tahun yang dapat diubah dan diperbaiki (WHO 1997) latar belakang kegiatan ini yaitu bahwa target gizi buruk di dunia turun 15% ternyata di beberapa Negara tidak turun akhirnya munculah SUN yang dibentuk oleh PBB yang bertujuan menyelamatkan generasi yang dating dengan melindungi dan mencegah kelompok Hari Pertama Kelahiran (HPK) dan masalah gisi dan di Indonesia juga melaksanakan program Gerakan 1000 HPK, lis menambahkan bahwa kejadian dalam 1000 HPK di bagi 2 di dalam janin terdiri dari pertumbuhan dan perkembangan baik otak ataupun organ vital dan saat dilahirkan terjadi perubahan yang menetap atau selesai jadi 1000 hari pertama kehidupan menentukan masa depan Bangsa

Hadir dalam acara tersebut Bidan delima yang Unjuk kebolehan dengan Nyanyian dan Gerak Bidelnya diikuti oleh tamu undangan dan peserta seminar,  “Saya tau saya siap dan melakukan, saya tau saya siap, siap saya tau, saya tau saya siap dan melakukan“ di akhiri dengan tepuk tangan yang  meriah dari seluruh peserta yang hadir.

(Informasi disampaikan Ka Humas dan Protokoll PHB Hesti Widianti, SE, M. Si)

24 November 2015 - 14:43:10 WIB   0
Prodi D-3 Kebidanan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa