Excellent at higher quality may possibly be the manifestation of https://www.upscalerolex.to
Tim Dosen TI PHB Berikan Studi Pengenalan Internet of Things Bagi Guru dan Siswa SMK - Politeknik Harapan Bersama

Tim Dosen TI PHB Berikan Studi Pengenalan Internet of Things Bagi Guru dan Siswa SMK

Sebagai salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat, Tim Dosen Prodi D IV Teknik  Informatika  bekerjasama dengan 4 mahasiswanya pada hari tanggal 16 – 17 Desember 2019 memberikan kegiatan Studi Pengenalan Internet Of Things di SMK Bina Nusa Slawi Sebagai Wawasan Salah Satu Ciri Revolusi Industri 4.0. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 Siswa SMK Bina Nusa Slawi dari jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dan Multimedia.

Kepala SMK Bina Nusa Slawi yakni Bapak Sunaryo, S.Pd., M.Kom mengatakan bahwa beliau merasa sangat senang atas kedatangan tim dari Prodi D IV Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal yang telah memberikan banyak pengetahuan kepada siswanya mengenai Internet of Things. Bapak Erik Firmansah selaku salah satu guru jurusan TKJ juga mengatakan bahwa siswanya belum mengenal banyak mengenai Revolusi Industri 4.0 dengan ciri Internet of Things, Artificial Intelligence, dan Big Data” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ka.Prodi D IV Teknik Informatika dan ketua tim pelaksana : Ginanjar Wiro Sasmito menyampaikan bahwa Revolusi Industri 4.0 telah mendisrupsi beberapa lini kehidupan, yang menyebabkan hilangnya banyak profesi karena digantikan oleh mesin / artificial intelligence, akan tetapi juga memunculkan banyak profesi baru. Dan iniperlu diketahui semua kalangan akademis, termasuk guru dan siswa tingkat SMK. Materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut diantaranya adalah Internet of Things oleh Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom, Artificial Intelligence oleh La Ode Moh. Zulfiqar, S.T., M.Kom, dan Big Data oleh Sena Wijayanto, M.T.

Peserta kegiatan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, salah satunya dikarenakan materi yang disampaikan merupakan materi yang menarik dengan contoh-contoh yang relevan, disamping itu pemateri kegiatan juga sangat komunikatif dengan peserta kegiatan, sehingga peserta tidak canggung untuk berdialog, berkomunikasi dan mengajukan beberapa pertanyaan.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur PoliTeknik Harapan Bersama Bapak Mc. Chambali, B.Eng., M.Kom mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Tim Prodi D IV Teknik Informatika, beliau menambahkan bahwa Studi Pengenalan Internet Of Things di SMK Bina Nusa Slawi Sebagai Wawasan Salah Satu Ciri Revolusi Industri 4.0 yang dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa D IV Teknik Informatika merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, Beliau berharap bahwa kolaborasi serupa juga agar di terapkan pada dharma yang lain, yakni penelitian.

@bunghasta
16 Januari 2020 10:16:09 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan