Ujian Akhir Semester, PHB Gelar Produk Robot

TEGAL - Dalam mendukung program pendidikan vokasi, program studi (prodi) D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (PHB) menerapkan model pembelajaran Project Based Learning atau pembelajaran berbasis projek.

“Dalam dua tahun terakhir ini prodi D3 Teknik Komputer telah menerapkan model pembelajaran Project Based Learing, banyak manfaat yang diperoleh mahasiswa diantaranya (1) Mahasiswa menjadi pembelajar aktif; (2) pembelajaran lebih interaktif dan multi arah; (3) pembelajaran menjadi study centered,” ujar kepala prodi D3 Teknik Komputer Rais, S.Pd, M.Kom.

Gelar produk mata kuliah Robot dan Otomasi untuk Ujian Akhir Semester (UAS) menjadi contoh penerapan Project Based learing. Gelar produk dilaksanakan Senin (21/1) di Gedung B, Kampus 1 PHB. Produk-produk yang telah dibuat oleh mahasiswa semester 5 dibagi dari beberapa jenis projek, yaitu Projek Line Follower, Projek Jenis Robot Manipulator dan Projek Jenis Robot Manipulator Mobile.

“Ada salah satu produk yang menarik adalah Robot MeARM Tank (lengan Robot Pemindah Barang dengan Kontrol Bluetooth) dengan memanfaatkan Arduino Uno, L298P Motor Shieled, Servo (4 buah), Mearm Case, Body Tank, Holder Battery AAA, Buetotth HC 05 robot ini dapat berfungsi dengan baik walaupun hanya bentuk prototype,” tambah Rais.

Ahmad Fatullah selaku dosen pengampu menambahkan penilaian UAS pada Gelar Produk terdiri dari 4 aspek yaitu: wawancara lisan dengan dosen pengampu, penilaian kuesioner (pengunjung: mahasiswa dan dosen), penilaian pengamatan sikap pribadi mahasiswa oleh dosen pengampu, dan laporan projek.

“Tujuan dari kegiatan ini sebagai bahan unjuk potensi diri mahasiswa, mendorong mahasiswa agar aktif belajar dengan menyajikan produk, bukan hanya menguasai teori (abstrak). Selain itu model seperti ini mendorong mahasiswa agar bekerja secara kelompok sehingga dapat berfikir secara kooperatif ,” jelas Ahmad.

24 Januari 2019 - 13:29:32 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Komputer  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa