Excellent at higher quality may possibly be the manifestation of https://www.upscalerolex.to
Kontrak Program Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik - Politeknik Harapan Bersama

Kontrak Program Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik

Persiapan perkuliahan sudah menjadi rutinitas setiap semester, sehingga harus mempersiapkan secara detail tentang persiapan perkuliahan agar semua civitas akademika memiliki persepsi yang sama dan juga visi misi yang sama pula dalam mengelola Program Studi menjadi lebih baik kedepannya. Untuk mengawali aktivitas perkuliahan mahasiswa pada semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 bagi mahasiswa semester II Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Politeknik Harapan Bersama Tegal, maka diadakan rapat persiapan perkuliahan guna mendukung proses untuk mencapai hasil yang baik dalam perkuliahan di Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Politeknik Harapan Bersama Tegal.Pada hari Jumat, 7 Februari 2020 Prodi ASP melaksanakan kegiatan Kontrak Program Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai langkah awal meningkatkan kualitas pembelajaran yang diharapkan ada peningkatan mutu supaya selalu ada peningkatan kualitas pembelajaran di semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 yang sesuai dengan visi dan misi Akademik Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Diskusi Publik Prodi Akuntansi Sektor Publik pukul 09.30 – 11.15 WIB ini dihadiri oleh 18 tamu undangan antara lain Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Harapan Bersama, Wakil Direktur I, Kepala P2M, Kepala BAA, Kepala Sistem Informasi, BAKEU, dosen pengampu semester genap, serta staf admin Prodi ASP. Pada acara kontrak program, Ka.Prodi ASP memaparkan beberapa materi di antaranya persiapan awal perkuliahan, proses kegiatan mengajar, sistem penilaian, dan lain sebagainya.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Harapan Bersama (Khafdilah MS., S.Kom, SH, MH) menyampaikan bahwa Program Studi menjadi poin penting di suatu institusi karena menjadi wilayah terdepan, namun organ menjadi satu kesatuan ketika antara Program Studi, Unit, Pimpinan saling bersinergi, contohnya Program Studi harus menuliskan report kepada P2M agar mencapai standar unggul, karena unggul mengandung konsekuensi dan fase sekian banyak. Program Studi juga perlu tata kelola Tri Dharma Perguruan Tinggi mengikuti Dikti, karena hal tersebut bergantung pada keaktifan Program Prodi.

Arfan Haqiqi Sulasmoro, M.Kom selaku Wakil Direktur I juga menyampaikan bahwa dosen pengampu diharapkan menyusun strategi, membuat RPP, membuat Kontrak Perkuliahan, mengatur waktu percepatan agar target UTS dan UAS lebih direncanakan, menggunakan metode pembelajaran blended learning atau e-learning yang lain seperti google classroom, edmodo, dan sebagainya karena di akhir perkuliahan terdapat evaluasi pembelajaran dosen oleh mahasiswa. Selama 1 (satu) semester, mahasiswa berhak melakukan perbaikan nilai pada nilai UTS dan UAS. Dosen juga diharapkan menyiapakn materi atau bahan ajar yang update, maupun quiz atau identifikasi di pertemuan selanjutnya, serta perlu adanya inovasi. Peran dosen wali juga penting untuk identifikasi mahasiswa. Selain kontrol kehadiran mahasiswa dan dosen, Program Studi juga perlu mempersiapkan Reakreditasi dan menuliskan instrumennya pada borang Reakreditasi.

Pada sesi diskusi, Kepala Sistem Informasi (Miftakhul Huda, M.Kom) menyampaikan bahwa e-learning tidak hanya upload materi, namun terdapat aturan regulasi. E-learning Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik belum muncul pada e-learning Politeknik Harapan Bersama, namun akan segera dimunculkan oleh tim Sistem Informasi. Pada ujian CBT, dosen membuat soal sesuai format excel beserta kunci jawaban yang diberikan kepada tim Sistem Informasi. Jika ada gambar di soal ujian, gambar dipisah pada folder tersendiri, dari tim Sistem Informasi yang menginput. Pelatihan mengenai CBT dan e-learning Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Politeknik Harapan Bersama akan segera diagendakan.

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan