Pada tanggal 6-8 Agustus 2018 dilakukan PKM tentang Peningkatan Pemahaman Dalam Pembuatan Web Sederhana Bagi Siswa-Siswi Di SMK N 1 Bumijawa. Sebagai salah satu pengamalan bentuk Tri Dharma perguruan tinggi. Tim Dosen Prodi D IV Teknik  Informatika  berkolaborasi dengan dosen Prodi DIII Komputer dengan melibatkan 6 mahasiswa. Kegiatan PKM tersebut diketuai oleh Dairoh, M.Sc dengan jumlah anggota dari dosen DIV adalah 2 dosen dan dosen DIII komputer 3 dosen. Kegiatan yang  dilakukan selama 3 hari yaitu hari Senin hingga Rabu yang bertempat di ruang Rapat Komite SMK N 1 Bumijawa yang diikuti kurang lebih 30 Siswa-Siswi campuran kelas XII di SMK Negeri I Bumijawa. Pada hari pertama memberikan materi tentang konsep dasar web dan hari kedua dan dan ketiga dilakukan praktek pembuatan web dinamis berupa blogspot dan dan wordpress.

Kepala Sekolah SMK N 1 Bumijawa, Bapak Dr. Anom Priyantoro, Spd, M.Pd mengapresiasi program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan program studi D IV Teknik Informatika  dan DIII komputer Politeknik Harapan Bersama, beliau merasa sangat senang atas kedatangan tim dari Prodi D IV Teknik Informatika  dan Dosen DIII Komputer Politeknik Harapan Bersama yang telah memberikan banyak pengetahuan dan soft skill kepada kepada siswa-siswi disekolahnya mengenai Peningkatan Pemahaman Dalam Pembuatan Web Sederhana Bagi Siswa-Siswi Di SMK N 1 Bumijawa.

Ka. Prodi D IV Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom juga menyampaikan bahwa sebagai pendidik sudah tentu harus bisa menyesuaikan dengan keadaaan, dimana sekarang penggunaan teknologi sebagai tool dan media khususnya web guna peningkatan softskill dan hardskill bagi siswa-siswi SMK menjadi sebuah kebutuhan salah satunya pengetahuan dalm pemanafaatan jaringan khususnya pada pemahaman pembuatan web sederhana. Peningkatan pemahaman pada web sederhana nantinya dapat menjadi  pengetahuan siswa dan diterapkan di dunia kerja atau bisa digunakan nantinya ketika  pendidikan tinggi dengan kompetensi sesuai ketrampilannya tersebut.  “Harapannya kedepan setelah mengikuti pelatihan ini, para siswa bisa menerapkannya sebagai salah satu modal softskill dalam pengetahuan pembuatan web dinamis yang nantinya dapat diguanakn dan bermanfaat ketika sudah lulus sekolah maupun dalam dunia kerja nantinya” tambahnya.

Pemateri pada kegiatan tersebut dibagi dalam 4 pematerinya diantaranya konsep Pengenalan Web oleh Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom, Pembuatan blog menggunakan wordpress oleh Dairoh, M.Sc, untuk Konten Web diisi  Mc.Chambali. B.Eng, EE, M.Kom dan untuk Praktek dasar membuat web dan Praktek Pengaploadan pematerinya adalah M Yoka dan  Djatmiko Indrianto, M.Kom serta Praktek pengelolaan Web di isi oleh Atmo Gayuh LS, ST dan dibantu oleh 4 mahasiswa Teknik Informatika dari semester 1 dan 3 sebagai instruktur pada saat praktek.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur PoliTeknik Harapan Bersama Bapak Mc. Chambali, B.Eng., M.Kom mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Tim Prodi D IV Teknik Informatika, Dan DIII teknik Komputer atas kolaborasi kegiatan PKM, beliau menambahkan bahwa pelatihan web dinamis yang dilaksanakan oleh kolaborasi antara Dosen dan mahasiswa D IV Teknik Informatika merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.