Dalam mengembangkan Potensi Kaum Millenial Indonesia Guna Menghadapi Tantangan Di Era Disrupsi, Politeknik Harapan Bersama sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang terletak di Kota Tegal melalui salah satu program studinya, yakni Diploma Empat Teknik Informatika menggelar perhelatan akbar di bidang Informatika, dengan nama Informatics Vocational Festival (InVoFest) 2018, pada  25 – 27 Oktober 2018.

Kegiatan berskala nasional tersebut diselenggarakan atas dasar tantangan dan peluang dalam menghadapi era disrupsi teknologi industri 4.0 yang harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin terutama bagi kaum millenial dalam bidang Teknologi Informasi.

InVofest 2018 ini adalah kegiatan yang ketiga kalinya diselenggarakan di Politeknik Harapan Bersama Tegal Jawa Tengah, setelah sebelumnya sukses terselenggara di tahun 2017 dengan tema smart city. Invofest 2018 dibuka pada tanggal 25 Oktober 2018 oleh Direktur Politeknik Harapan Bersama, Mc. Chambali B.Eng., M.Kom.

Adapun rangkaian kegiatan InvoFest 2018 terdiri dari : Talkshow dengan pemateri Peter Jack Kambey (Founder PHP Indonesia) dan Alamsyah Hanza (Business Intelligence Analyst GO-JEK) yang diselenggarakan tepat setelah pembukaan Invofest 2018 pada tanggal 25 Oktober 2018. Kemudian dihari yang sama pada pukul 13.00 WIB – 16.00 WIB diselenggarakan workshop kelas pararel, yang terdiri dari : UI/UX Design dengan pemateri Afnizar Nur Ghifari (UX Designer Bukalapak), Data Science dengan pemateri Ahmad Ilham (Data Science Enthusiast), Cyber Security dengan pemateri Yahya Al-Fatih (CTO crowde.co), dan Web Service dengan Pemateri Farah Lutfi Oktarina (FemaleGeek Indonesia).

Dihari kedua yakni tanggal 26 Oktober 2018, dilaksanakan Final IT Competition dengan cabang kompetisi : Database Competition, dan Application Development Competition untuk mahasiswa serta Web Design untuk siswa SMA / SMK. Yang berlangsung sangat seru dan menegangkan.

Dan di hari terakhir, tanggal 27 Oktober 2018, dilaksanakan seminar nasional dengan tema : Artificial Intelligence dalam Transformasi Teknologi Industri Masa Depan, dengan Narasumber Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.BA., M.Phil., M.A selaku First Chairman ID-SIRTII. Hampir Semua Peserta Kegiatan Invofest 2018 sangat antusias dan mengapresiasi atas dilangsungkannya event bergengsi ini.

Pasca seminar telah usai, kemudian diumumkan pengumuman pemenang IT Competition, dengan urutan juara sebagai berikut : Applicartion Development Competition (Mahasiswa Unnes, Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta dan  Mahasiswa Universitas Telkom Bandung), Database Competition (Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor, dan dua juara dari Mahasiswa Universitas Murya Kudus), Web Design (SMK Medikacom Bandung, dan dua juara dari SMK Telkom Purwokerto).

Ginanjar Wiro Sasmito selaku Ka. Prodi D IV Teknik Informatika mengatakan bahwa antusiasme peserta kegiatan invofest sangat tinggi, peserta talkshow, workshop dan seminar rata-rata berasal dari kalangan mahasiswa yang berasal dari Jawa Tengah maupun dari luar Jawa Tengah, selain itu juga ada pendaftar dari kalangan akademisi,  pemerintahan, praktisi maupun pengusaha bidang IT dan masyarakat umum. Ia menambahkan bahwa InvoFest kali ini, ia bersama tim panitia menghadirkan narasumber-narasumber yang pakar dibidangnya, yakni tujuh narasumber dari kalangan praktisi.

Ia berharap event IT skala nasional ini dapat membawa dampak positif bagi produktivitas peserta invofest terutama bagi mahasiswa dalam mengembangkan teknologi informasi di era disrupsi ini.