TEGAL – Dalam rangka menyambut Hari Armada RI, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal bekerjasama dengan Politeknik Harapan Bersama (PHB) mengadakan Kegiatan Komunikasi Sosial TNI/AL, Kamis, (29/12) di Aula Gedung C kampus 1 PHB.

Direktur Politeknik Harapan Bersama Mc. Chambali, B.Eng., E.E., M.Kom dalam sambutannya mengatakan, “Ini pertama kalinya kampus kita dikunjungi oleh Lanal Tegal. TNI AL sebagai salah satu penjaga NKRI di laut jadi saya berharap melalui seminar ini mahasiswa dapat lebih mencintai Indonesia sebagai negara kesatuan yang utuh,” ujar Chambali.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Letkol Laut (P) Agus Haryanto menjadi narasumber menyampaikan materi tentang, Bela Negara & Teknologi Pertahanan Maritim, “Pekerjaan kita menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi. Tapi pekerjaan untuk menciptakan teknologi yang lebih mutakhir, tingkat kesulitannya tidak pernah berkurang,” Agus menjelaskan bahwa mahasiswa harus melek teknologi, “Untuk memperkuat pertahanan negara diperlukan pembangunan Sistem Informasi Pertahanan Negara (Sisfohanneg) yaitu sistem berbasis teknologi informasi untuk memberikan layanan data dan informasi dalam rangka mendukung penyelenggaraan pertahanan negara yang meliputi layanan internal untuk tercapainya tujuan reformasi birokrasi menuju ke pemerintahan yang baik dan layanan publik di lingkungan Kemhan dan TNI,” tegas Agus Haryanto.

Dosen Program Studi D3 Komputer Jatmiko Indriyanto, M.Kom, dalam siaran persnya menambahkan, pada saat ini peran sebagian besar lembaga penelitian dan pengembangan nasional masih bersifat sebagai pendukung, belum menjadi kekuatan utama dalam pencapaian keunggulan teknologi.

“Hal ini menyebabkan kemampuan penelitian dan pengembangan belum sepenuhnya menjadi pusat perhatian dalam pembangunan nasional. Maka dari itu harus ada kerjasama untuk meningkatkan penelitian dan pengembangan dalam bidang pertahanan kemaritiman, dalam pemanfaatan teknologi. Kegiatan Komunikasi Sosial Lanal Tegal ini harapannya dapat menjadi acuan untuk Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang Kemaritiman mengingat Kota Tegal yang dikenal sebagai Kota Bahari,” tandas Jatmiko.