Dua orang alumni jurusan teknik elektronika industri tahun 2014 kini telah menjadi bagian dari perusahaan di Jepang. Yusuf Wahyu Bachtiar bekerja di PT Chua Internasional (Nakagawa Suwisan) sejak 15 Nov 2017  Kota Hirosima Ondo Shi dengan jabatan karyawan dengan jenis pekerjaan pengolahan makanan laut.
.
.

Menurut Yusuf, fasilitas perusahaan di Jepang sangat diperhatikan , apabila ada kerusakan alat maka langsung diganti dengan yang baru. dan juga alumni mahasiswa teknik elektro tahun 2014 yakniM. Aji Nur Sofa yang bekerja di Yagawa Dento Kogyo Kabushiki Kaisha Kota Nagoya jabatan karyawan dengan jenis pekerjaan elektrik crome, Aji bekerja mulai tanggal 15 Nov 2017, menurutnya fasilitas yang diberikan sesuai SOPN tutur Aji.
.
.

Baik Yusuf dan Aji , menurut mereka yang perlu dipersiapkan bagi teman-teman yang ingin bekerja di Jepang adalah bahasa, fisik dan mental. Karena di Jepang sangat disiplin dan keras. ketika ditanya mengapa memilih bekerja di Jepang kedua menjawab untuk menambah pengalaman dan di Jepang , mengajarkan sistem kerja cepat dan disiplin dan saya ingin menerapkannya di Indonesia ketika memiliki usaha sendiri tambah Yusuf. Untuk tinggal di Jepang harus bisa beradaptasi dengan iklim disana serta makanan yang berbeda dengan di indonesia. Menurut Yusuf cuaca di Jepang cukup ekstrim saat musim panas akan terasa lebih panas dibanding di Indonesia namum lama kelamaan akan terbiasa yang terpenting menyiapkan obat-obatan.
.
.

Tidak ada tips khusus untuk bisa bergabung di perusahaan Jepang yang terpenting adalah jujur ketika interview. Beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut Yusuf : 1. menyiapkan mental percaya diri saat diwawancara di depan orang Jepang jangan terlihat gugup tetap tenang 2. mempersiapkan sedikit bahasa Jepang terutama saat perkenalan, sopan santun sangat diperhatikan contohnya ketika masuk ruanganpun harus mengetuk pintu 2 kali namun jangan masuk sebelum terdengar orang jepang berkata dozo setelah itu baru mengucapkan salam dan perkenalan 3. jangan menjawab terlalu lama atau mencoba sedikit memikirkan, langsung jawab dengan tegas, dan jangan berbohong karena kebanyakan orang jepang tahu ketika lawan bicaranya sedang berbohong.

Jepang memang Negara yang terkenal akan kedisiplinan dan teknologinya. Lalu, apakah anda tertarik untuk mengikuti jejak yusuf dan aji ? berkesempatan bekerja di negeri tetangga terutama Jepang adalah kesempatan langka dan akan menjadi pengalaman tersendiri.