TEGAL – Program Studi (Prodi) D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (PHB) memiliki visi menjadi prodi yang unggul di bidang hardware, jaringan dan pemrograman. Untuk menyeleraskan kurikulum yang diterapkan dengan kebutuhan stake holder, prodi komputer selalu melakukan evaluasi kurikulum melalui peninjauan kurikulum setiap 3 tahun sekali. Dengan penerapan kurikulum prodi D3 Teknik Komputer  tahun 2015 telah banyak menerapakan mata kuliah yang berbasis hardware, dan lebih menfokuskan kepada impelementasi hardware dengan memanfaatkan  Internet of Things  (IoT) seiring perkembangan yang terjadi di industri 4.0.

Prodi Komputer mencoba mengembangkan kurikulum dengan menyelaraskan kebutuhan stake holder yang mengacu kepada perkembangan industri 4.0 di segala bidang dan juga memanfaatkan data yang besar sebagai pengambil keputusan untuk kemudahan kehidupan manusia. Untuk itulah Prodi Komputer melakukan studi banding ke perusahaan berbasis teknologi guna mempelajari trend ilmu yang akan dibutuhkan di era industri 4, pada 2 April 2019 di kantor Solusi 247 Jakarta,

Prodi D3 Teknik Komputer PHB melakukan studi banding ke perusahaan yang memiliki perhatian terhadap teknologi canggih seperti data yang besar yakni SOLUSI  247. Perusahaan Solusi 247 yang memiliki tagline 24 hours 7 days integrated ICT Solution merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri atau manufaktur yang merancang, mengembangkan, memproduksi produk– produk elektronik. Disampaikan Ir.Beno Kunto Pradekso, M.Sc., EE sebagai pimpinan Solusi 247 juga memberikan jasa konsultan dalam bidang Informasi, Komunikasi dan Teknologi yang dapat digunakan untuk kebutuhan Institusi Pemerintah Indonesia baik Sipil maupun Militer serta Perusahaan Swasta Dalam Negeri dan Internasional.

Kepala Prodi D3 Teknik Komputer Rais, S.Pd, M,Kom menyampaikan beberapa fokus diskusi pada studi banding kali ini adalah penyelarasan beberapa mata kuliah dan pendalaman materi disesuaikan dengan kompetensi D3 termasuk penggunaan big data dalam industri sesuai kebutuhan. “Nantinya akan dilakukan MOU/MOA antara kedua belah pihak kampus PHB dengan Solusi 247 serta penyelenggaraan seminar dengan pembicara adalah dari pihak Solusi 247 di moment E-Computer Engineering pada bulan Juni 2019 nanti.,” ujar Rais.

Hasil diskusi ini mendapatkan beberapa mata kuliah yang perlu diperdalam materinya kepada mahasiswa dan dosen dalam bentuk pelatihan/workshop dan sertifikasi yang akan diselenggarakan secara rutin dan berkesimbungan. Bukan hanya sekedar kerjasama saja fokus antara kedua belah pihak tetapi luaran yang berupa kemanfaatan produk yang dapat memenuhi kebutuhan kemaslahatan bagi masyarakat sebagai pengguna teknologi. Seperti kita ketahui bahwa teknologi adalah bebas nilai maka teknologi akan bermanfaat secara besar di tangan orang yang tepat, tetapi justru teknologi tidak akan terlihat manfaatnya di tangan manusia yang tidak dapat mempergunakannya dengan baik.