TEGAL – Program Studi (Prodi) D3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama (PHB), menggelar kuliah umum dengan tema Tantangan Lulusan Prodi D3 Teknik Mesin di Era Revolusi Industri 4.0 pada Kamis, (21/3) di Aula Gedung C Kampus 1, Politeknik Harapan Bersama, Tegal.

Sebanyak 87 peserta dari mahasiswa Prodi D3 Teknik Mesin antusias mengikuti kuliah umum tersebut. Dibuka oleh kepala Prodi D3 Teknik Mesin PHB Agus Suprihadi M.T. Ia menyampaikan tantangan global saat ini akan fokus pada pertumbuhan perancang dan pengendali robot, pemrogam kecerdasaran buatan serta perancang dan pengendali mesin otomasi. “Ahli las, staf akuntan, operator mesin, supir truk dan ahli mesin akan semakin ditinggalkan. Semua akan digantikan dengan mesin otomasi,” tegas Agus.

Kuliah umum kali ini mendatangkan narasumber dari dosen manajemen di Universitas Sultan Fatah, Demak Didik Widiono, M.Pd. “Di era Revolusi Industri 4.0 mahasiswa harus bersifat maju. Mahasiswa selain mendapat ilmu dari perkuliahan juga harus aktif dari 2 sumber yaitu literasi internet dan industri,” ujar Didik.

Menurutnya lulusan Prodi D3 Teknik Mesin harus memiliki banyak kompetensi, dan menguasai bahasa inggris, model lulusan di era 4.0 yaitu 4C + N (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Creative dan Networking).

Didik Widiono juga menyampaikan harapan publik pada perguruan tinggi bukan hanya untuk mencetak generasi cerdas tetapi perguruan tinggi adalah sebagai kekuatan moral untuk mahasiswa. Perguruan tinggi juga sebagai kunci kemajuan dan mobilitas sosial.

“Kompetensi lulusan akan lebih matang jika sikap dan perilaku dalam berkarya berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai, serta pemahaman kaidah kehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya,” tambah Didik