IMG-20140924-00296Politeknik harapan bersama tegal merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki komitmen untuk mengembangkan sumber daya mahasiswa. Komitmen ini ditunjukkan politeknik harapan bersama tegal dengan melakukan kerjasama dengan universitas lain di Indonesia seperti Undip dan ITB, selain itu untuk program internasiomalisasi politeknik Harapan Bersama Tegal juga telah menggandeng salah satu perguruan tinggi di luar negeri yaitu Youngsan University  dari korea selatan. Ini merupakan program double degree kerjasama antar universitas dimana mahasiswa akan memperoleh gelar diploma dan sarjana.

Program Double Degree ini akan memberikan kesempatan kepada Mahasiswa D3 Teknik Komputer dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Politeknik Harapan Bersama Tegal untuk mendapatkan ijazah dari PHB  dan YSU.  Ketentuan dari program double degree ini adalah mahasiswa harus sudah menempuh 70 sks di Politeknik Harapan Bersama .

Mahasiswa yang akan mengikuti program ini adalah tiga mahasiswa dari D3 Teknik Komputer dan dua mahasiswa dari Teknik Komputer Jaringan. Mahasiswa tersebut adalah  Windita Kusumaningtyas, Hazbisy Jihad Alawi,  Moh. Rian Zidni Rizqi, Dina Mariani dan Nufus Fida Aulia. Rencananya  akan berangkat pada tanggal 25 september 2014.

Program perkuliahan di YSU akan di lakukan selama 2 tahun, dengan mengikuti kelas bahasa korea dan pengenalan kebudayaan korea selama 6 bulan. Selanjutnya mahasiswa akan melanjutkan study di YSU pada Cyber Police Departement.

Adapun pembiayaan program tersebut berasal dari swadana mahasiswa.  Mahasiswa memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa dari YSU dengan syarat mendapatkan nilai yang bagus.  Program ini diharapkan berjalan berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya. Langkah ini merupakan salah satu pencapaian prestasi yang dimiliki politeknik harapan bersama tegal.

Menurut Hazbisy, salah satu mahasiswa yang akan berangkat ke YSU, dia merasa sangat senang dan  berterimakasih atas adanya peluang yang diberikan untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengalamannya sehingga dapat bersaing bukan hanya di Indonesia melainkan juga di dunia dalam bidang teknologi.

Setelah dilakukannya kerjasama, maka diharapkan tujuan internasionalisasi Poltek akan tercapai dan menambah kualitas mahasiswa dan daya saing mereka di dunia kerja.  Selain dengan YSU, politeknik akan berupaya untuk kembali melakukan kerjasama dengan universitas Luar Negeri lainnya sehingga akan menambah motivasi mahasiswa dalam melakukan program pendidikan.