IMG_0626Tegal, 16 Desember 2014, Dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat di desa Kedung Kelor kecamatan Warureja Tegal dengan tema “Pelatihan Pengolahan Mangga dan Melati“ yang dihadiri masyarakat sebanyak 50 orang, dalam sambutanya kepala desa Adi Wartono menyampaikan bahwa para petani harus sudah memikirkan produk / hasil pertanian yang berkualitas jadi tidak hanya kualitasnya saja tetapi kuantitasnya.

Direktur Politeknik Harapan Bersama Tegal yang diwakili oleh humas Hesti Widianti, SE, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi bertujuan memberikan pelatihan kepada para kader / warga agar bisa memaksimalkan hasil pertanian sehingga bisa menaikan pendapatan penduduk di kelurahan Kedung Kelor khususnya para petani mangga dan melati, Yeni Priatna Sari, SE, M.Si Akt selaku ketua kegiatan pengabdian masyarakat menyampaikan bahwa bagaimana kita masyarakat Indonesia khususnya daerah Kedung Kelor ini siap tidak menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asian) bersaing dengan produk – produk luar negeri yang akan masuk ke indonesia, jadi kita harus bersiap untuk mengedepankan kualitas pertanian kita.

IMG_0552Tegal, 5 Februari 2015, kegiatan pengabdian masyarakat di Keluraham Kedung kelor ini adalah tindak lanjut dari kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 16 des 2015, kegiatannya adalah pelatihan Pemasaran yang diisi oleh Hesti Widianti, SE, M. Si. Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. Ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitikberatkan pada keinginan perusahaan. Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi sebuah pabrik, kemudian meyakinkan konsumen agar bersedia membelinya. Sedangkan pendekatan konsep pemasaran menghendaki agar manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu, setelah itu baru melakukan bagaimana caranya memuaskan. Selain memberikan pelatihan pemasaran juga diberikan pelatihan bagaimana membuat kemasan agar prodak kreatifitas warga ini lebih menarik, kegiatan lainnya adalah pelatihan membuat laporan keuangan sederhana yang diisi oleh Ida Farida, SE, M. Si, Yeni Priatna sari dan Hetika, S. Pd, M. Si, Kegiatan ini berlangsung di balai desa kedung kelor yang diikuti oleh sejumlah warga yang tergabung dalam kelompok kreatifitas kerajinan mangga dan melati sejumlah 55 orang dan diikuti juga oleh mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Tegal sejumlah 20 orang.