SeminarAnimasi2015_1Tegal, 25 Oktober 2015 Bertempat di Rita Convention Hall himpunan mahasiswa D3 komputer Politeknik Harapan Bersama Tegal mengadakan seminar animasi untuk bertemakan “Kontinuitas Berkarya, Semangat Berbagi”. Dengan narasumber seorang wanita cantik muda berbakat yaitu Marsha Chikita Fawzi, yang merupakan puteri dari pasangan artis Ikang Fawzi dan Marissa Haque. Tidak kurang dari 900 peserta memadati seminar animasi ini, chiki panggilan akrab Chikita Fawzi merupakan salah satu animator film animasi upin & ipin dari negeri tetangga.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut Wakil direktur 1 Bapak Arfan Haqiqi Sulasmoro, M. Kom menyampaikan Tujuan dari seminar ini untuk menumbuhkan minat generasi muda untuk terjun kedunia animasi khususnya untuk mahasiswa D3 komputer Politeknik Harapan Bersama Tegal yang mampu menghasilkan sebuah industri yang dikerjakan secara profesional, sehingga generasi muda bisa menuangkan ide mereka ke tempat yang positif dan bahkan memberikan keuntungan bagi diri mereka dan orang lain.

SeminarAnimasi2015_2Dalam paparannya Chiki menyampaikan bahwaAnimasi mulai dikenal secara luas sejak populernya media televisi yang dapat menyajikan gambar bergerak hasil rekaman kegiatan makhluk hidup, manusia atau hewan. Dibandingkan dengan gambar foto yang diam atau tidak bergerak animasi lebih disukai karena dapat membangkitkan antusiasme dan emosi penonton. Hampir semua media seperti televisi, film, komputer sudah menggunakan teknik-teknik animasi. Namun perkembangan Dunia Animasi di Indonesia khususnya belum terlihat, walau ada beberapa perusahaan swasta yang mulai mengembangkan animasi namun apabila tidak ada dukungan baik dari pemerintah dan kurang dikenal masyarakat akan sulit membuat perusahaan tersebut untuk berkembang, Prospek animasi di Indonesia mempunyai peluang yang besar untuk berkembang, karena animasi adalah informasi kreatif yang sangat banyak membutuhkan tenaga kerja.Selain itu keragaman dan kekayaan budaya yang ada di Indonesia menjadi nilai tambah yang bisa diangkat sebagai cerita animasi. Generasi muda Indonesia pun tidak kalah kreatif dengan negara lain, mereka hanya perlu diberikan wadah untuk mengekspresikan diri dan arahan agar ide yang mereka punya bisa tersalurkan menjadi hal yang positif. Dalam paparannya chiki memberikan materi secara ringan dan menyenangkan sehingga mahasiswa antusias sesekali mahasiswa disuguhkan dengan film animasi karya chiki saat kuliah tidak lupa di akhir acara chiki menampilkan bakat tidak jauh dari ayahnya Ikang Fawzi yang seorang seni chiki menyuguhkan sebuah lagu dari album terbarunya.