LCC_farmasi2015_2Tegal, 31 Oktober 2015. Diawali dalam rangka Tri Darma Hima Mahasiswa Prodi dan Program Studi DIII Farmasi Politeknik Harapan Bersama Tegal menyelenggarakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat untuk siswa siswi SMK Farmasi se-Karesidenan Pekalongan. Kegiatan Lomba Cerdas Cermat ini mengambil Tema “Pharmacy for Better Life”  yang diselenggarakan di Laboratorium Farmasi pada tanggal 31 Oktober 2015, ini merupakan penyelenggaraan yang pertama kalinya. Adapun tujuan dari kegiatan Lomba Cerdas Cermat ini menurut ka. prodi DIII Farmasi Heru Nurcahyo, M. Kes adalah sebagai wahana untuk meningkatkan kompetensi di bidang kefarmasian, silaturahmi sesama siswa-siswi SMK Farmasi se-Karesidenan Pekalongan. serta Lounching ruangan laboratorium Farmasi yang baru dan lebih lengkap  yang nantinya  dapat menjadi daya tarik para siswa siswi SMK Farmasi sehingga nantinya dapat menumbuhkan rasa keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang DIII Farmasi khususnya di Politeknik Harapan Bersama Tegal.

LCC_farmasi2015_1Bapak Khafdillah Ms, S.Kom.SH, selaku ketua yayasan Pendidikan Harapan Bersama memberikan sambutan beserta membuka acara Lomba Cerdas Cermat tersebut mengatakan tentang Laboratorium D III Farmasi dapat digunakan untuk kegiatan Tri Darma, demi meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan khususnya di bidang kefarmasian serta bilamana SMK Farmasi mau berkerja sama dengan tangan terbuka kita akan menerimanya dengan senang hati.

Adapun kegiatan Lomba Cerdas Cermat  dibagi menjadi dua sesion yaitu sesion pertama ujian tertulis dengan mengerjakan sejumlah 100 soal dalam waktu 2 jam, kemudian sesion kedua adalah cerdas cermat dengan menjawab soal yang diberikan oleh penguji secara cepat. Kegiatan lomba cerdas cermat ini diikuti oleh 6 sekolah yang terdiri dari  :

  • SMK Farmasi Medika Farma Petarukan
  • SMK Farmasi Wicaksana Sirampok
  • SMK Farmasi Harapan Bersama Tegal
  • SMK Farmasi Al-Ikhlas Tegal
  • SMK Farmasi Mitra Karya Mandiri Ketanggungan
  • SMK Farmasi Muhammadiyah Lebaksiu

Hasil kegiatan lomba cerdas cermat adalah sebbagai berikut:

  • Juara 1 adalah SMK Farmasi Al-Ikhlas Tegal dengan memperoleh hadiah sebesar Rp. 1.000.000 & Tropi
  • Juara 2 adalah SMK Farmasi Muhammadiyah Lebaksiu dengan memperoleh hadiah sebesar Rp. 750.000 & Tropi
  • Juara 3 adalah SMK Farmasi Harapan Bersama Tegal dengan memperoleh hadiah sebesar Rp. 500.000 & Tropi

Untuk target tahun 2016, kegiatan tersebut harus diupayakan akan terus dilakukan dengan tingkatan yang lebih tinggi dan lebih baik lagi demi meningkatkan pengetahuan khususnya dibidang farmasi dan meningkatnya kemitraan antara SMK Farmasi Di Karasidenan Pekalongan dengan Politeknik Harapan Bersama Tegal.