Yang Herbal Lebih Banyak Dicari 2Penggunaan obat tradisional atau biasa disebut herbal memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Bahkan banyak produk herbal ini yang sudah dikemas modern dengan khasiat yang sama. Dengan adanya fenomena ini Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama mengadakan acara seminar kefarmasian bertempat di Audithoium gedung C kampus Politknik Harapan Bersama dengan tema “herbal medicines” pada hari rabu 18 mei 2016 dengan peserta kurang lebih 350 mahasiswa prodi D3 farmasi Politeknik Harapan Bersama, seminar ini memaparkan bahwa produk herbal aman di kosumsi dan banyak manfaatnya, karena produk herbal tidak selamanya buruk. Produk – produk herbal juga sudah banyak di pasarkan di apotik – apotik mengingat manfaatnya yang luar biasa dengan efek samping yang tidak membahayakan bahkan tanpa efek samping, maka produk herbal banyak di buru masyarakat dari pada obat – obatan yang berbahan kimia. Hal ini juga disebabkan karena meningkatnya prevalensi penyakit-penyakit degeneratif yang umumnya belum dapat ditangani secara tuntas dengan pengobatan modern, maka tak heran jika sampai saat ini pengobatan herbal banyak diminati oleh kelompok masyarakat yang berpendidikan rendah namun juga telah dimanfaatkan oleh masyarakat yang berpendidikan tinggi.

Yang Herbal Lebih Banyak Dicari 1Dalam sambutannya sekaligus membuka acara ,Wakil direktur 1 Arfan Haqiqi Sulasmoro,M.Kom mengemukakan bahwa herbal adalah ilmu turun temurun dari leluhur karena pada jaman dahulu obat dari penyakit dari bahan – bahan herbal maka kita tidak lupa akan resep herbal pada jaman dahulu tinggal kita mengembangkannya secara modern.

Seminar ini menghadirkan pembicara Dr. Gunawan Pamudji Widodo,M.Si, Apt, dari Universitas Setia Budi Solo ini mengemukakan bahwa herbal bisa untuk mengobati penyakit selama kita tau akan dosis bahan herbal itu, akan tetapi doa kepada yang kuasalah jangan sampai dilupakan karena dialah yang menciptakan penyakit dan obatnya. Maka kita harus tetap berikhtiar untuk bisa meminta kesembuhan kepada yang maha kuasa.

Menurut ketua panitia Siti Nur Azizah menyampaikan Acara ini dilakasanakan bertujuan agar mahasiswa khususnya D3 Farmasi mampu mengembangkan pengetahuan tentang obat – obatan herbal dan mahasiswa dapat termotivasi mengembangkan produk herbal dan bisa untuk berwirausaha dengan obat – obatan herbal agar tidak selamanya jadi karyawan.