Perguruan Tinggi merupakan suatu lembaga yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dengan komitmen untuk mencetak/menghasilkan lulusan / sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tertentu dan siap memasuki dunia kerja. Komitmen itulah yang tengah dijalani salah satu program studi yang ada di Politeknik Harapan Bersama yakni Program studi D IV Teknik Informatika. Adapun salah satu bentuk usaha yang dilakukan program studi terhadap komitmen tersebut adalah dengan menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

KKL_D4_2016Kuliah Kerja Lapangan merupakan sebuah bentuk usaha program studi yang wajib diikuti mahasiswa dalam memberikan gambaran tentang dunia kerja. Untuk pertama kalinya program studi ini menyelenggarakan kegiatan KKL bagi mahasiswanya di angkatan pertama yakni angkatan tahun 2013. Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah 64 mahasiswa/i, 6 dosen tetap prodi, direktur dan perwakilan unsur yayasan.

Ginanjar Wiro Sasmito selaku ketua Program studi Teknik Informatika menyampaikan bahwa KKL merupakan sebuah kegiatan yang menitikberatkan pada kunjungan indistri dan untuk kali ini KKL perdana di program studi kami dilaksanakan di 4 tempat, yakni :  di Oracle, DetikCom, Kementrian Kominfo dan Bursa Efek Indonesia. Di tempat tersebut mahasiswa mendapatkan kuliah dari pemateri yang sangat kompeten dibidangnya, sehingga diharapkan mahasiswa bisa menyerap proses bisnis, prosedur kerja dan kriteria agar dapat diterima di perusahaan tingkat nasional maupun internasional, tambahnya.

KKL yang dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2016 di Jakarta tersebut, diakhiri dengan gathering bersama antara dosen dengan mahasiswa dan kegiatan rafting bersama di Pangalengan, Bandung Jawa Barat. Mc. Chambali selaku Direktur yang juga ikut serta dalam kegiatan KKL tersebut mengapresiasi kegiatan KKL perdana Teknik Informatika yang penuh dengan kreativitas. Beliau mengharapkan terdapat sebuah inovasi-inovasi lain yang dilahirkan pada kegiatan KKL Teknik Informatika untuk tahun-tahun berikutnya.