infovest-2016-5Festival akbar di bidang Informatika baru saja digelar di Politeknik Harapan Bersama pada tanggal 28 s.d. 29 Oktober 2016. Melalui salah satu program studinya yakni D IV Teknik Informatika kegiatan yang bernama InVoFest (Informatics Vocational Festival) sukses terselenggara di tahun 2016. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa, swasta dan pemerintah itu dibuka secara resmi oleh Walikota Tegal pada tanggal 28 Oktober 2016 yang diwakilkan oleh Sudoro, S.Pd selaku Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Tegal. Sesuai laporan ketua panitia Arief Hidayah, bahwa InVoFest 2016 terdiri dari serangkaian kegiatan diantaranya : Exhibition/ Pameran aplikasi startup, IT Competition, Workshop/Kelas Pararel dan Seminar Nasional.

infovest-2016-4Dalam kegiatan Exhibition/pameran yang diselenggarakan setelah acara pembukaan InVoFest, mahasiswa Teknik Informatika memamerkan 4 aplikasi startup dihadapan seluruh civitas akademika Politeknik Harapan Bersama dan 10 Kepala Dinas yang ada di Kota dan Kabupaten Tegal yakni I-Healing, Tegal Tourism, M-Property dan GIS Industri Tegal. Antusiasme peserta sangat tinggi, terlihat dari interaksi antara peserta dengan mahasiswa yang mempresentasikan aplikasi startup tersebut. Di hari yang sama, setelah kegiatan exhibition selesai digelar, IT Competition pun digelar dengan kategori Logic Programming yang dimenangkan oleh : Ensof Barhami mahasiswa ITB sebagai Juara 1, Muhammad Syakir Arif mahasiswa UNIDA Gontor sebagai Juara 2 dan Arief Aldika mahasiswa Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama sebagai Juara 3, adapun untuk kategori Database Programming dimenangkan oleh : Irpan Maulana Mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama sebagai Juara 1, I Putu Eka Juliantara mahasiswa Universitas Atmajaya Sebagai Juara 2 dan Muhammad Mahfuz mahasiswa UNIDA Gontor sebagai Juara 3.

infovest-2016-3Masih di even yang sama, pada tanggal 29 Oktober 2016, Workshop/Kelas Pararelpun digelar dengan mengusung 4 tema, yakni : Internet of Thing dengan pemateri : Hendrawan,S.T selaku CEO NR Embded System, Web Service dengan pemateri : Aries Setyawan, S.T selaku IT Project Manager PT. Walden Global Service, Cloud Computing dengan pemateri : Ahmad Masykur, S.T selaku MVP Microsoft dan Mobile Forensic dengan pemateri : Rosyid Mustofa, S.Kom selaku IT Security Specialist. Pasca workshop/kelas pararel selesai digelar, Seminar Nasionalpun diselenggarakan dengan mengusung tema Inkubasi Teknologi Sebagai Embrio Awal Bisnis Startup. Sebagai narasumber pada acara tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Anugerah Widiyanto, M.Eng selaku Kepala Balai Inkubator Teknologi BPPT dan Mustafa, M.Kom., M.M selaku Direktur IKITAS (Inkubator Kreasi Inovasi Telematika Semarang).

infovest-2016-2 infovest-2016-1 Mengakhiri kegiatan InVoFest 2016, MoU-pun dilaksanakan antara Program Studi D IV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama dengan beberapa industri IT, diantaranya : IKITAS, Garuda Karya Solution Semarang dan Bimasoft Purwokerto serta dengan salah satu Perguruan Tinggi, yakni Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor Jawa Timur. Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom selaku Ka Prodi D IV Teknik Informatika dan penggagas InVoFest 2016 ini menyampaikan rasa bangga dan syukur atas terselenggaranya InVoFest tahun ini, ia bersama mahasiswanya berkomitmen untuk menyelenggarakan InVoFest di tahun 2017 dengan beragam inovasi dan kreasi yang lebih baik dan maksimal, karena dirinya telah mendapat dukungan penuh oleh seluruh Civitas Politeknik Harapan Bersama,Yayasan, Pemerintah Kota Tegal dan industri IT yang ada di wilayah Jawa Tengah.