kmli3Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Krisis energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik. Hal ini disebabkan karena harga minyak yang melambung tinggi pada tahun 2000-an serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi gas rumah kaca. Sampai bulan Novemver 2011, model-model listrik yang tersedia dan dijual di pasaran beberapa negara adalah Tesla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy, Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia listrik, dan BYD e6. Nissan Leaf, dengan penjualan lebih dari 20.000 unit di seluruh dunia (sampai November 2011), dan Mitsubishi i-MiEV, dengan penjualan global lebih dari 17.000 unit (sampai Oktober 2011), adalah kedua mobil listrik paling laris di dunia.

kmli1Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bandung yang didukung oleh RISTEDIKTI. Sebagai wadah pengembangan inovasi mahasiswa Indonesia untuk menciptakan mobil listrik. Ajang perlombaan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2009 sampai sekarang yang mana Politeknik Harapan Bersama mulai ikut serta pada tahun 2013 dengan mendapatkan juara 1 kategori efisiensi energi dan tahun 2014 juara 2 kategori pengereman. Adapun peserta yang ikut serta dalam kompetisi ini adalah perguruan-perguruan tinggi seluruh Indonesia. Seperi halnya Universitas Gajah Mada (UGM), STTNAS, PENS SURABAYA, UDAYA BALI, UNBABEL BANGKA BELITUNG, POLINES, POLBAN, PNJ dst.

Dan sudah menjadi prioritas Politeknik Harapan Bersama untuk ikut serta setiap tahunnya dan juga sebagai wakil dari KOTA TEGAL KMLI pada tahun 2016 ini diselenggarakan tanggal 17 – 20 November 2016.

Dengan nama HABE-2 yang dimotori oleh mahasiswa Program Studi DIII Teknik Mesin dapat mempersembahkan juara kategori uji deselerasi/pengereman dan juara 1 presentasi dan desain terbaik pada KMLI 2016 ini.

Menurut Drs. Agus Suprihadu, M.T yaitu kepala prodi Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama menyatakan “bahwa dengan hasil demikian kita tidak bisa berbangga hati dulu karena dengan hasil yang sekarang agar bisa menjadi acuan dan pembelajaran agar bisa menjadi yang terbaik di ajang berikutnya”.