Studi Banding D4 TI 2017 2Dalam rangka peningkatan kualitas perguruan tinggi, Program Studi (Prodi) D4 Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) Tegal telah melakukan kunjungan studi banding dan kerjasama dengan Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM).

Kunjungan studi banding dan penandatanganan kerjasama tersebut berkaitan dengan peningkatan mutu dan kualitas sistem akademik dan juga peningkatan mutu kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2017 di UMM dan tanggal 25 Januari 2017 untuk pelaksanaan di UII.

“Poin penting yang telah disepakati untuk digarap bersama dengan UII dan UMM pada lingkup Tri dharma dalam waktu dekat, yakni : Berbagi artikel ilmiah untuk jurnal penelitian, diskusi akademik program studi dan diskusi yang berkaitan dengan ilmu ke-informatikaan”, terang Ka Prodi D4 Teknik Informatika Poltek HB Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom, didampingi oleh dosen yang lain Dega Surono W., S.T., M.Kom, Oman Somantri, M.Kom dan Slamet Wiyono, M.Eng.

Kerjasama antar prodi Teknik Informatika (TI) itu , ditandatangani langsung oleh Kaprodi masing-masing. Yakni Kaprodi D4 TI Poltek HB Tegal Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom, Kaprodi S1 TI UMM Purwono Hendradi, M.Kom dan Kaprodi S1 TI UII Hendrik, S.T., M.Eng.

Studi Banding D4 TI 2017Yun Arifatul Fatimah, M.T., P.hD selaku dekan Fakultas Teknik UMM menyampaikan terima kasih berkaitan dengan kunjungan dari Poltek HB Tegal dan mengapresiasi kerjasama yang telah dilakukan, beliau berharap dengan kerjasama yang telah dilakukan, kedepan kualitas penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat yang dilakukan diharapkan akan lebih baik lagi, bahkan akan lebih variatif dan inovatif pelaksanaannya.

Sementara itu salah satu dosen S1 TI UII Fathul Wahid, M.Sc., P.hD berharap kerjasama tersebut langsung dapat diimplementasikan secara berkesinambungan berkait dengan peningkatan kualitas tri dharma perguruan tinggi.

Berkaitan dengan artikel ilmiah Jurnal penelitian, Ginanjar menyampaikan bahwa pihaknya saat ini tengah mendongkrak jumlah indexing pada jurnal yang dikelola oleh prodinya. Untuk saat ini jumlah indexing di jurnal kami sejumlah 12. Secara bertahap akan terus di tingkatkan untuk indexing ke DOAJ, Crosreff, IEEE dan Scopus. Ia menargetkan di tahun 2020, Jurnal yang dikelolanya siap untuk diajukan akreditasi.