Optimalisasi pemerintah dalam mempromosikan produk-produk lokal didalam negeri maupun diluar negeri masih terus diupayakan, produk-produk lokal tersebut biasanya diproduksi oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang tersebar diseluruh nusantara. Salah satu upaya pemerintah dalam melakukan optimalisasi tersebut adalah seperti yang dilakukan oleh Kemetrian Komunikasi dan Informatika (Kementrian Kominfo). Selama ini KemenKominfo melakukan pembinaan terhadap UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satu bentuk pembinaan tersebut adalah dengan melakukan pelatihan mengenai digital marketing.

Saat melakukan studi ekskursi pada 6 September 2017 lalu ke Direktorat Jendral Aplikasi dan Informatika (Ditjen Aptika) KemenKominfo, Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI) Poltek-HB disambut langsung oleh Sekretaris Jenderal APTIKA Ibu Mariam Fatimah Barata. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa saat ini KemenKominfo tengah membina beberapa UMKM yang ada di Indonesia, dan beliau sangat berharap terdapat sinergi antara Perguruan Tinggi dengan KemenKominfo untuk bersama-sama melakukan pembinaan bidang digital marketing terhadap UMKM, dalam hal ini adalah sinergi dengan Prodi TI Poltek HB.

Ketua Prodi TI Ginanjar Wiro Sasmito menyambut baik harapan yang telah disampaikan oleh Ibu Mariam Fatimah Barata. Dalam sambutannya di ruang rapat KemenKominfo beliau menyampaikan bahwa pihaknya bersama seluruh unsur pada prodi yang dipimpinnya berkomitmen untuk membantu KemenKominfo dalam membina UMKM yang ada di Indonesia, khususnya di sekitar wilayah karesidenan Pekalongan untuk memberikan pelatihan digital marketing, sehingga harapan agar produk-produk lokal dapat terpromosikan di luar maupun dalam negeri dengan baikpun dapat terealisasi. Ini merupakan salah satu tugas dan kewajiban kami untuk membantu UMKM dalam mempromosikan produk-produk yang telah dihasilkan dalam bentuk digital marketing, tambahnya. Ia juga menambahkan bahwa pembinaan yang direncanakan ini merupakan implementasi salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni : Pengabdian Kepada Masyarakat.