TEGAL – Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) bekerjasama dengan Forum Mahasiswa Mesin Indonesia (FMMI) menggelar acara Pertemuan Mahasiswa Teknik Mesin (PMTM) se-Jawa Tengah dan DIY di Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) Tegal (Jum’at 29/9).

PMTM sebagai wadah mahasiswa teknik mesin untuk mengapresiasi dan mengaplikasikan sesuatu sesuai dengan bidang keilmuan dan teknologi yang dimiliki. Memamerkan hasil karya ilmiah atau penelitian mahasiswa teknik mesin baik teknologi tepat guna, produk unggulan dan penelitian yang berbentuk karya adalah bukti nyata mahasiswa teknik mesin berperan aktif dalam pembangunan bangsa ini.

Ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bersama Khafdillah MS, S.Kom., SH dalam sambutannya mengatakan “Dipenghujung bulan ini negara sedang sibuk dengan isu-isu yang sangat sensitif dan seringkali membuat kita resah. Beruntung kita justru membuat kegiatan positif berupa PMTM se-Jawa Tengah dan DIY. Ini baru pertama kali PMTM diselenggerarakan di Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB).” Lanjut, “Dari awal bidang teknik menjadi salah satu kajian yang utama hingga didirikannya Poltek HB. Kita khususnya orang Tegal tahu dahulu kota Tegal sempat di juluki “Jepangnya Indonesia”. Harapan kami julukan yang sudah terlanjur melekat itu jangan sampai hanya menjadi mitos, kita harus benar-benar bisa mewujudkannya,” tandas Khafdillah.

Hadir pula ketua program studi teknik mesin Drs. Agus Supriadi, M.T. Agus menyampakain kegiatan PMTM sebagai ajang untuk saling bertukar pikir dan mencari tau tentang perkembangan teknologi terkini. “Kegiatan ini secara tidak langsung akan membangun soft skill yang jarang sekali diperoleh di dalam kelas,” imbuhnya.

Solidarity Forever

Sebagai sarana pertukaran informasi dan perkembangan inovasi teknologi hasil karya mahasiswa teknik mesin di Indonesia. PMTM akan mengadakan kegiatan berupa pameran hasil karya ilmiah mahasiswa teknik mesin, lomba karya tulis ilmiah, seminar nasional dan inagurasi yang akan ditutup pada hari senin (1/10) mendatang. Mahasiswa teknik mesin dengan menjunjung tinggi “Solidarity Forever” ingin memberikan kontribusi terhadap proses pengembangan IPTEK dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang handal.

Didampingi oleh Wakil Direktur III Umi Baroroh, S.SiT., M.Kes dan Kepala Humas Hesti Widianti, SE, M.Si acara tesebut telah resmi dibuka. Hesti menambahkan “Untuk PMTM mendatang dan kegiatan-kegiatan lain baik nasional maupun internasional Poltek HB selalu siap menjadi tuan rumah. Kita terus melakukan dialog secara terbuka dengan Perguruan Tinggi lain agar terus mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kekinian.”