Tegal – Ratusan mahasiswa program studi (prodi) DIII akuntansi menyambut meriah penutupan acara “Accounting Days 3rd” Kamis (28/9) bertajuk One Spirit To Serve And Educate The Society di Gedung Aula kampus 1 Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Dalam kesempatan ini ketua prodi akuntansi Ida Farida, S.E, M.Si mengajak mahasiswa agar menjadi generasi penerus yang bijak taat pajak. Pajak dinilainya sebagai faktor yang sangat penting untuk mensejahterakan rakyat. “Pendapatan negara 80% lebih dihasilkan oleh pajak. Sehingga pajak menjadi faktor yang sangat penting untuk keberlangsungan sebuah negara” tandasnya. Farida turut mengundang Ketua Umum Asosiasi Konsultasi Pajak Republik Indonesia (AKP2I), Drs. Suherman Saleh, Ak., M.Sc., CA dan Drs. Riza Noor Karim, Ak., M.B.A. untuk mengisi kuliah umum “Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) Terhadap Penerimaan Pajak Negara”.

“Seluruh perkembangan dunia termasuk bisnis diikuti oleh perkembangan pajak. Pajak akan terus menjadi hal yang penting. Dan lapangan pekerjaan akan selalu terbuka untuk para mahasiswa yang ahli di bidang perpajakan,” kata Suherman. “Mahasiswa akuntansi sebagai ujung tombak dalam menciptakan masyarakat agar sadar akan hak dan kewajiban perpajakan,” tambahnya.

Sedangkan Riza Noor Karim yang pernah menjabat sebagai Kakanwil Dirjen Pajak, Jakarta khusus menyoroti bahwa saat ini banyak penyelewangan pajak yang dilakukan oleh perusahaan multinasional atau multinational corporation (MNC). “Perdaganan meningkat, sekarang bisa jual beli lewat online. Kita semakin mudah membeli barang dari dalam maupun luar negeri, tetapi semakin susah untuk mengawasi pajak yang harus kita (pemerintah) tentukan. Belum lagi banyaknya MNC membuat negara tidak bisa bekerja sendirian. Perlunya kerjasama antar negara seperti proyek Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) agar kita dapat saling membantu dan saling mengawasi,” tandas Riza.

Kuliah umum tersebut dilanjut dengan sesi tanya jawab dan diskusi terbuka yang dimoderatori oleh Ririh Sri Harjanti. Acara resmi “Accounting Days 3rd” 2017 ditutup oleh Wakil Direktur (Wadir) 1 Arfan Haqiqi S, M.Kom dan didampingi oleh Wadir 3 bidang kemahasiswaan Umi Baroroh, M.Kes. Pada puncak acara, panitia mengumumkan juara LCC (Lomba Cerdas Cermat) Akuntansi, Pemilihan Putra-Putri Akuntansi, Accounting Class Competition (ACTION) yang diikuti oleh masing-masing perwakilan kelas dari prodi DIII akuntansi. Serta pengumuman juara Politechnic Tax Competition (PTC) yang diikuti oleh 50 SMK se-eks karesidenan Pekalongan yaitu Juara 1 Siti Ni’matul Afiyah dari SMK 1 Dukuhturi, Juara 2 Siti Dwi Fauziah dari SMK Dukuhturi, Juara 3 Ainur Kipfiyah dari SMK An Nur Slawi.