Dunia industri animasi semakin berkembang di Indonesia, baik animasi 2D dan 3D. beberapa animasi memperoleh berbagai penghargaan seperti animasi “Battle Of Surabaya”. Hal ini menjadi tolak ukur bangsa Indonesia dalam ikut serta meramaikan pasar animasi nasional hingga memperoleh berbagai penghargaan dari luar negeri. Guna mencetak dan mempersiapkan tenaga artis dalam bidang animasi 2D, Program Studi (Prodi) D3 Desain Komunikasi Visual (DKV), Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal dalam meningkatakan kualitas mahasiswanya telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) 3 in 1 bidang animasi 2D.

Diklat 3 in 1 bidang animasi 2D diselenggarakan oleh Kementrian Perindustrian dan Teknologi Media Kreatif. Serta bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), School of Sound Recording (SSR) Jakarta, dan Kampung Monster Studio.

Selama diklat peserta dilatih dapat membuat animasi dengan materi-materi prinsip dasar animasi yang diajarkan selama diklat di SSR Jakarta. Materi yang banyak diajarkan kepada peserta guna diterapkan dalam proses pembuatan animasi 2D. Dengan pengajar yang sudah berpengalaman di bidangnya seperti Alfi Zackyle dan Toni Hariyanto ikut mengisi kelas diklat ini.

Menurut Ahmad Ramdani Kepala Staff DKV PHB “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas skill dari mahasiswa DKV dalam bidang animasi 2D. Meningkatkan kreatifitas dan agar mahasiswa mampu membuat karya yang memberikan manfaat untuk masyarakat.”

Diklat 3 in 1 bidang animasi ini diselenggarakan dari tanggal 14/12/17 dan telah resmi ditutup pada (8/1/18) lalu di SSR Jakarta. Diikuti oleh 30 peserta SMA sederajat dan Diploma sederajat dari Palembang, Bali dan Padang dan 15 peserta diantaranya adalah mahasiswa/i Prodi D3 DKV, PHB Tegal.