Dalam rangka peningkatan kualitas perguruan tinggi, Program Studi (Prodi )Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) Tegal melakukan kunjungan studi banding ke Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung (Polban) serta ke Prodi Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kunjungan studi banding tersebut berkaitan dengan peningkatan mutu dan kualitas sistem akademik dan juga peningkatan mutu kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2018 di Polban dan tanggal 30 Januari 2018 untuk pelaksanaan di ITB.

Ketua Prodi TI Poltek HB Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom bersama dengan timnya : Dega Surono W. M.Kom, Slamet Wiyono,M.Eng, Taufiq Abidin, M.Kom dan Oman Somantri, M.Kom mengaku telah belajar banyak dari kedua kampus tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa Polban dan ITB sangat layak untuk dijadikan rujukan dalam peningkatan mutu dan kualitas prodi yang dikelolanya.

Kunjungan studi banding dihari pertama diterima oleh Ketua Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Polban, yakni : Drs. Eddy Bambang Soewono, M.Kom bersama dengan jajarannya adapun ditempat yang berbeda kunjungan dihari kedua juga diterima oleh Ketua Prodi S1 TI ITB, yakni : Dr. Techn. Saiful Akbar, M.T beserta jajarannya. Beliau berdua sangat mengapresiasi usaha dari Ka.Prodi TI Poltek HB beserta timnya dalam melakukan studi banding untuk belajar banyak hal terutama mengenai pengelolaan Prodi yang baik.

Poin penting yang dipelajari dari Polban adalah pada pengelolaan mutu akademik dan kurikulum yang berbasis vokasi. Sedangkan di ITB, hal yang banyak dipelajari pada saat kunjungan studi banding adalah pada peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian, publikasi internasional dan juga peningkatan prestasi mahasiswa dalam kompetisi / lomba yang sesuai bidang, baik di tingkat nasional maupun internasional, kata Ginanjar. Ia mengharapkan poin-poin tertentu yang telah dipelajari di Polban maupun ITB dapat diterapkan di Prodi yang dikelolanya, demi peningkatan mutu dan kualitas Prodi TI Poltek HB.