Membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakan merupakan fondasi dasar dalam mengelola penerimaan perpajakan menuju kemandirian pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di masa yang akan datang. Untuk mewujudkan kesadaran dan kepedulian membayar pajak Program Studi (Prodi) Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (PHB) bekerjasama dengan Kantor Pajak Pelayanan Pratama dan Forum Vokasi Akuntansi mengajak mahasiswa dan masyakarakat untuk menumbuhkan kesadaran (tax awareness) dan kepeduliaan pajak.

Dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang Akuntansi dan Perpajakan melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi Prodi Akuntansi berupaya meningkatkan peranannya dengan menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan perpajakan berupa kegiatan Tax Centre. Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman akan perpajakan serta memperluas jaringan informasi perpajakan diantara mahasiswa, dosen serta masyarakat umum di daerah Tegal, Brebes, Pemalang dan sekitarnya.

Prodi Akuntansi juga terus mengembangkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Di hari yang sama Prodi Akuntansi juga bekerjasama dengan Bank BRI Kantor Cabang Tegal meresmikan Laboratorium Perbankan sebagai Mini Bank Prodi Akuntansi.

Mini Bank Prodi Akuntansi adalah laboratorium perbankan untuk  mengajarkan teori dan praktek operasional umum yang dilakukan oleh bank dalam pengelolaan produk dan jasa yang terdiri dari Giro rupiah dan valas, Tabungan, Simpanan Deposito rupiah- valas, Sertifikat Deposito, Kliring, Tansfer rupiah – valas, Bank Notes, Travellerr’s Check. Dengan tetap mengacu pada Peraturan Bank Indonesia sebagai Pembina dan Pengawas Bank. Mahasiswa yang mengikuti praktikum di laboratorium perbankan diharapkan mampu dan memahami praktek operasional bank. Mengingat perkembangan dunia usaha ini sekarang ini tidak dapat dipisahkan dengan industri perbankan dan pembayaran internasional sehingga menuntut para mahasiswa menjadi tenaga yang terampil dalam bidang perbankan dan pembayaran internasional.

Mini Bank tersebut diresmkikan di lantai 2 Gedung C pada hari Senin (13/12) dan dihadiri oleh ketua Yayasan Pendidikan Harapan Bersama Khafdillah MS, S Kom, SH, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tegal Budi Gunawan, SE Ak M Ak dan Ketua Forum Vokasi Akuntansi Faiz Zamzami M Acc QIA, Wakil Direktur 1 PHB, Arfan Haqiqi Sulasmoro, M.Kom serta Ketua Prodi Akuntansi Ida Farida, SE M Si.