Tegal – Kamis (1/2) Sebanyak 204 Peserta mahasiswi D3 Kebidanan Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB) telah mengadakan kuliah umum bertajuk “Complementary Therapies, Natural Treatment & Enterpreneurship to Improve Midwives Quality and Profesionalism” oleh Umi Susilowati SST, M.Kes.

Perkembangan pengetahuan dan teknologi memberi kesempatan bagi perempuan untuk menikmati proses dalam kehidupannya termasuk hamil dan melahirkan. Salah satu perkembangan pengetahuan adalah penggunaan hipnoprenatal dalam upaya memberdayakan ibu untuk mampu melewati dan menikmati proses hamil dan melahirkan.

“Tugas bidan bukan hanya sebatas menolong persalinan dan kelahiran tapi juga diharapkan menjadi pendaming perempuan yang baik. Mengerti dan mempunyai solusi tentang keluhan-keluhan perempuan pada saat persalinan dan kelahiran,” ujar Umi.

Umi yang pada 2015 pernah meraih anugerah Trainer Of The Year IBH (The Indonesian Board of Hypnotherapy) menyebutkan tujuan hipnoprenatal adalah melakukan pemberdayaan ibu yang artinya ibu mampu mengelola kondisi fisik dan psikisnya sendiri dalam menjalani kehamilan, persalinan, paska melahirkan dan menyusui.

Dalam kuliah umum tersebut hadir Direktur Politeknik Harapan Bersama Mc. Chambali, B,Eng., E.E., M.Kom, Dia mengatakan saat ini tenaga bidan tidak dapat berharap pada pemerintah sepenuhnya, mengingat semakin banyaknya mahasiswi lulusan kebidanan dari tahun ke tahun. Tenaga bidan tidak bisa hanya statis, perlu melakukan improvisasi dan update pengetahuan yang terkini tentang dunia kebidanan. “Seperti halnya yang telah dilakukan oleh Ibu Umi, mahasiswi kebidanan juga perlu menanamkan jiwa entrepreneurship dalam dirinya,” tambah Chambali.