Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem penjaminan mutu eksternal yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu. Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan lembaga yang diberikan tugas dan kewajiban untuk melakukan penjaminan mutu suatu perguruan tinggi negeri maupun swasta dengan memberikan penilaian atas kualitas pengelolaan program studi, fakultas, maupun institusi yang dikonversikan dalam bentuk nilai akreditasi. Surat Keputusan (SK) Akreditasi Program Studi maupun Institusi berlaku selama 5 (lima) tahun dan harus dilakukan Re-Akreditasi kembali. Kegiatan Re-Akreditasi ini juga memberikan motivasi program studi untuk selalu berupaya dalam memperbaiki kualitas pelaksanaan tridharma agar dapat meningkatkan nilai akreditasi yang telah didapat.

Pada hari Jumat, 23 Februari 2018, terdapat kunjungan dari dua orang tim asesor BAN-PT untuk melakukan visitasi akreditasi Progam Studi Diploma III Teknik Mesin, yaitu Ir. Purnomo, Ph.D dari Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta dan Firdaus, S.T., M.T dari Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang. Sedangkan visitasi Program Studi Diploma III Teknik Elektronika dilaksanakan 1 (satu) minggu setelahnya yaitu pada hari Jumat, 2 Maret 2018, dengan asesor Drs. Syafrizal S, S.T., M.T. dari Politeknik Negeri Jakarta dan Prof. Dr. Ir. Engelin Shintadewi Julian, MT dari Universitas Trisakti Jakarta.

Kegiatan visitasi dimulai dengan pembukaan di Aula Politeknik Harapan Bersama yang dihadiri oleh Jajaran Pimpinan, Kepala Unit, Bagian dan Prodi serta seluruh dosen Prodi yang akan dilakukan Re-Akreditasi. Direktur Politeknik Harapan Bersama, Mc. Chambali, B. Eng. EE, M. Kom memaparkan kembali visi misi dan capaian yang telah diperoleh serta upaya-upaya peningkatan kualitas pelaksanaan tridharma salah satunya melalui kegiatan Re-Akreditasi ini.

Melalui visitasi lapangan ini dilakukan verifikasi data, assessment lapangan terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki, dan wawancara terhadap pengguna, mahasiswa, dan alumni untuk mendapatkan data yang benar-benar valid. Asesor yang melakukan assesment pada masing-masing Program Studi sama-sama menekankan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai sarana evaluasi dan dapat dijadikan rekomendasi bagi setiap progam studi yang akan melakukan Re-Akreditasi agar selanjutnya dapat mempunyai manajemen yang bagus dalam mengembangkan mutu pendidikan.

Kedua kegiatan Re-Akreditasi tersebut berlangsung selama 1 (satu) hari hingga malam hari dan berakhir setelah dibacakan serta ditandanganinya berita acara assesment lapangan. Politeknik Harapan Bersama telah melakukan upaya terbaik dalam kegiatan Re-Akreditasi ini, yaitu dengan adanya kelengkapan dokumen dan dukungan dari pimpinan seta yayasan dalam peningkatan kualitas pelaksanaan tridharma untuk pengembangan Program Studi Diploma III Teknik Mesin dan Diploma III Teknik Elektronika. Diharapkan dapat dilakukan pembenahan guna perbaikan dan peningkatan mutu masing-masing Program Studi ke depannya.