TEGAL – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bakti Husada Mulia (BHM) melakukan kunjungan dan studi banding ke Politeknik Harapan Bersama (Poltek HB), kamis (22/2). Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama antar program studi (prodi) D3 Farmasi sebagai sarana untuk bertukar informasi tentang perkembangan dan inovasi pendidikan khususnya di bidang Farmasi.

“STIKES Bakti Husada Mulia adalah STIKES pertama yang ada di Madiun, tentu kami bangga telah menerima tamu yang menjadi salah satu pionir dunia pendidikan di kota madiun,” ungkap ketua Yayasan Harapan Bersama Khafdillah MS, S.Kom., S.H dalam sambutannya.

Sebanyak 10 tenaga pendidik dari STIKES BHM yang terdiri dari Ketua Yayasan Kuswanto S. Kep, Ners, M.Kes, ketua STIKES Zainal Abidin, SKM, M.Kes Epid, Ketua Prodi D3 Farmasi Novi Ayu Wardani, S.Farm, M.Sc, Apt beserta jajarannya membuka dialog tentang kefarmasian pada pertemuan yang diselenggarakan di Gedung D Kampus 1, Poltek HB.

Rangkaian kunjungan tersebut yaitu membahas tentang perkembangan bidang farmasi, khususnya di bidang akademik dan alat-alat praktik yang tersedia di laboratorium D3 Farmasi Poltek HB.

Sinergi Perguruan Tinggi

Perkembangan dunia kesehatan sangat dipengaruhi oleh pendidikan kesehatan di perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai gerbang ilmu tenaga professional yang mempunyai sumbangsih besar. “Kerjasama antar perguruan tinggi akan membantu pemerintah dalam mendukung dunia pendidikan yang bersinergi khususnya di bidang kesehatan. Mengingat dalam dunia pendidikan kita semua memliki tujuan yang sama yaitu untuk ikut mencerdaskan bangsa,” tandas direktur Poltek HB Chambali B,Eng., E.E., M.Kom.

Kepala prodi D3 Farmasi Poltek HB Heru Nurcahyo S.Farm, Apt menambahkan kini prodi D3 Farmasi Poltek HB berumur 10 tahun dan telah mendapat akreditasi B. “Dulu mahasiswa D3 Farmasi hanya ada 25 orang, sekarang mahasiswa kami mencapai 300 lebih. Terbukti antusias masyarakat mengenai kesehatan itu meningkat. Prodi D3 itu menerapkan 70% praktek dan 30% teori. Jadi mahasiswa D3 yang telah lulus dapat bersaing di dunia kerja,” tambahnya.