Menggali ilmu di Kota Bandung

Untuk mewujudkan visi misi Prodi DIII Teknik Komputer, kami tak henti hentinya melakukan pembenahan diri baik dari segi manajemen prodi, kurikulum maupun sistem perkuliahanya hal ini terus kami lakukan dalam rangka peningkatan mutu akademik, kualitas lulusan  serta Tridharma Perguruan Tinggi.

Ada bebrapa perguruan tinggi yang menjadi rujukan atau acuan kami salah satunya adalah Prodi DIII Teknik Komputer Telkom University Bandung. Kami jadikan rujukan dikarenakan kita sama-sama swasta perguruan tinggi yang notabadnya sudah terakreditasi A untuk Prodi DIII Teknik Komputernya.

Ketua Program Studi DIII Teknik Komputer Rais, S.Pd. M.Kom  yang didampingi jajaran dosen  prodi, EKo Budihartono, S.T., M.Kom (Sekretaris Prodi), Yerry Febrian Sabanise, M.Kom (Koordinator Akademik), Adi Candra Kusuma, M.Pd (Koordinator Mahasiswa), Nurokhim, S.ST., M.Kom (Staff Akademik) serta Arif Rahman, SE., S.Pd., M.Kom (Gugus Penelitian dan Pengabdian) mengatakan telah banyak belajar dari kampus tersebut, mereka menilai bahwa Telkom University sangat tepat sekali dijadikan sebagai rujukan untuk peningkatan mutu dan kualitas prodi karena sama sama kampus swasta.

Kunjungan studi banding dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018, kedatangan kami disambut hangat oleh jajaran Fakultas Ilmu Terapan Telkom University Bapak Tri Brotoharsono, S.T., M.T (Wakil dekan 1 ), Bapak Setia Juli Irzal Ismail, S.T., M.T (Kaur Sekretaria  Fakultas, Henry Rossi A, S.T., M.T (Ketua program Studi DIII Teknik Komputer) Bapak wadek 1 menyampaikan dalam sambutanya bahwa mereka sangat mengapresiasi dan welcome dengan kedatangan kami ke Telkom University. Selain itu Ketua Program Studi DIII Teknik Komputer Telkom University memaparkan dalam presentasinya terkait pengelolaan Program Studi mulai dari Kurikulum yang berbasis KKNI, Kompetensi lulusan, prosedur proyek akhir mahasiswa, fasilitas Laboratorium dan ruang kelas serta sistem perkuliahan mulai dari (silabus, RPS, RPP, teori, praktek dan praktikum) yang tidak kalah menariknya adalah adanya perencanaan MOU antara Prodi DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama Tegal dengan Prodi DIII Teknik Komputer Telkom University Bandung dalam kaitanya Penelitian dan Publikasi Jurnal.

Banyak hal yang dapat kami petik dari kegiatan Studi Banding dari Prodi DIII Teknik Komputer University, antara lain pengelolaan program Studi, kurikulum dan sistem perkuliahan sehingga hasil dari kegitan studi banding ini dapat kami terapkan di Prodi kami untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan khususnya meningkatkan kompetensi lulusan.

Kurikulum

Kurikulum yang diterapkan di Telkom kurikulum berbasis kompetensi yang merujuk pada KKNI hamper sama dengan kurikulum yang ada di Prodi DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama namun ada bebrapa yang berbeda dan dapat kita ambil ilmunya diantaranya :

  1. Kompetensi utama lulusanya adalah Embedded System dan  Network Programming sehingga proyek akhir dari mahasiswa harus sesuai dengan kompetensi yang ada misalnya kompetensi networking Programming contoh proyek akhirnya ada 3 yang pertama software as service contohnya winame online pake url yang bias di buka dibrowsher dan kita bias add lagunya dari computer kita, yang kedua Platform as service contohnya membuat aplikasi untuk coding yang bias di compiler secara online dan bias memunculkan hasilnya. Yang ketiga inprastruktur contohnya google drive kalau sistem informasi seperti website ikutnya Teknik informatika untuk kompetensi Embedded Sistem proyek akhir yang dihasilkan contohnya internet of Thing atau alat atau benda yang dapat dimonitoring melalui smart phone atau handphone dan robot.
  2. Untuk jam perkuliahan di Telkom university 1 SKS Teori 1 jam dan untuk SKS praktek sebanyak 2 jam. Kemudian bebrapa mata kuliah yang ada teori 1 sks praktek 2 sks dan praktikum 1 sks untuk teori dialkukan di kelas untuk praktek bias dilakukan dikelas atau di lab hamper sama seperti teori akan tetapi kalau praktikum ini tidak seperti praktek ada laporan tersediri misalnya ada tujuan ada kebutuhan alat ada pembahasan percobaan hasil seperti pembenaran teori atau paper selain itu ada tes awal, tugas pendahuluan dan tes akhir ini untuk praktikum.

Tugas Akhir / Proyek Akhir

Di Prodi DIII Teknik Komputer Telkom University untuk hasil karya mahasiswa ketika akan lulus namanya proyek akhir atau karya akhir itu untuk standar DIII. Prosedur atau pedoman proyek akhir mahasiswa setarakan di semua Fakultas. Di prodi DIII Teknik Komputer Telkom University mulai dari semester 4 mahasiswa sudah membuat proposal proyek akhir atau dosennya yang memberikan judul proyek akhir yang dimasukan di matakuliah simulasi proyek agar saat semester 6 mereka tinggal diajukn proposalnya proyek akhirnya, tetapi apabila judulnya itu pemberian dari dosen maka otomatis akan di ACC oleh Prodi. Berkas laporan yang dikumpulkan di Perpustakaan dan Prodi dalam bentuk soft file lengkap serta pengesahan dan ttd yang sudah disecan kemudian dijadikan pdf baru di kumpulkan ke repositori atau digilat librarynya Telkom University dan untuk produk proyek akhir tidak di kumpulkan ke prodi apalagi kalu alat karena harganya nya mahal sehingga produk proyek mahasiswa tetap buat mahasiswa kecuali mahasiswa mau menghibahkan atau kalau prodi menginginkan maka haru membelinya dari mahasiswa.

Kerja Praktek dan Magang

Salah satu mata kuliah untuk membekali soft skill mahasiswa agar memiliki pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja maka di Prodi DIII teknik komputer Telkom University ada mata kuliah Kerja Praktek dan magang dengan penjelasan dibawah ini :

  1. Kerja Praktek
    Kerja praktek dilaksanakan kurang lebih 1 – 1,5 bulan di liburan semester 4 (empat). Kerja paktek dilakukan untuk memperkenalkan dunia kerja, sehingga tempt kerja prakteknya pun tidak harus sesuai dengan kompetensi DIII Teknik Komputer artinya boleh di Instansi negri swasta, BUMN, BUMN, BANK, Perusahaan IT dan sebagainya karna tujuan dari kerja praktek ini adalah membekali pengalaman bekerja.  Kemudian di akhir kegiatan Kerja Praktek mahasiswa harus mengumpulkan Laporan Kegiatan Kerja Praktek dalam bentuk soft file lengkap dengan scanan tanda tangan pengesahan.
  2. Magang
    Magang merupkan bagian dari pelatihan kerja yang dilaksanakan di semester akhir sebagai salah satu syarat menyelesaikan pendidikan, selain itu dalam kegiatan magang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan semua ilmu yang dipelajari di bangku kuliah disamping itu juga dengan kegiatan magang ini dapat menambah wawasan yang luas dalam dunia industri. Kegiatan magang di prodi DIII Teknik komputer Telkom university  dijadikan sebagai mata kuliah disemester 6 (enam) yang dilaksanakan dala waktu 4 – 6 bulan dan untuk pelaksanaanya bebas di prusahaan atau instansi mana saja karena keterbatasan perusahaan yang berkaitan dengan hardware, sehingga mahasiswa bebas memilih perusahaan diseluruh indonesia. Kegiatan magang ini dapat dilanjutkan sebagai proyek akhir apa bila masalah yang ada di perusahaan sesuai dengan kompetensi yang ada di Prodi DIII teknik Komputer Telkom University.