TEGAL – Dunia Pencak Silat kota Tegal kembali menoreh prestasi di tingkat Nasional. Pada Jum’at hingga Minggu (6-8) Juli lalu mahasiswa dari Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tuti Rohani dan M. Edo Jepri Angga menjadi perwakilan dari kota Tegal dan berhasil meraih 2 medali perunggu pada kejuaraan tingkat nasional “USM Pencak Silat Championship 2018”, di Gelora Prof Sudarto, SH, Universitas Semarang (USM), Semarang.

Sebanyak 771 pesilat dari berbagai perguruan pencak silat di Indonesia ambil bagian pada kejuaraan pencak silat tingkat nasional tersebut. Kegiatan USM Pencak Silat Championship 2018 ini digelar atas kerja sama USM dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka memperingati Dies Natalis Ke-31 USM.

Pencak Silat merupakan warisan luhur budaya bangsa Indonesia sekaligus sebagai alat pemersatu bangsa dan media komunikasi informasi yang perlu dikembangkan dan dilestarikan. Hal itu yang mendorong kampus PHB mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) agar eksis di Kota Tegal.

“Melalui UKM PSHT dapat memberikan spirit pada generasi muda, untuk terus mengolah kemampuan dan menggiring kita pada prestasi yang membanggakan,” ujar Wakil Direktur 3 Bagian Kemahasiswaan kampus PHB Umi Baroroh S.SiT, M.Kes.

Terbukti Tuti Rohani dari Program Studi (Prodi) Akuntansi dan M. Edo Jepri Angga Prodi Mesin dari kampus tersebut tidak sia-sia telah mengikuti latihan rutin dengan UKM PSHT dan mengantarkan mereka pada juara pencak silat tingkat nasional.