Rabu, 21 Maret 2018 – Memasuki bulan maret, Wajib Pajak khususnya Orang Pribadi mulai disibukkan dengan adanya pengisian dan pelaporan SPT Tahunan mengingat batas akhir pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi itu sendiri jatuh pada akhir bulan maret. Hal ini juga yang membuat Tax Center Prodi D-III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal mengajukan diselenggarakannya pelatihan pelaporan SPT dengan E-Filling yang bekerjasama dengan KPP Pratama Tegal yang diikuti oleh Dosen, Pegawai serta Karyawan di lingkungan Politeknik Harapan Bersama Tegal yang dalam hal diadakannyan acara tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pengisian SPT Tahunan WPOP dengan bantuan aplikasi E-SPT serta memberikan pengetahuan mengenai pelaporan atau penyampaian SPT dengan bantuan E-Filling. Mengingat acara tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan kegiatan akademik serta dalam rangka ikut serta pada kegiatan pajak pegabdian kepada masyarakat yakni menyebarluaskan pengetahuan tentang perpajakan di dalam maupun di luar lingkungan kampus sebagai salah satu tujuan untuk mencapai visi dan misi Tax Center. Maka Tax Center Prodi D-III Akuntansi menyelenggarakan pelatihan tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi, sosial dan politik di Indonesia. Pajak sering mengalami perubahan dan demi untuk mencapai target kemudahan masyarakat dalam membayar pajak. Untuk itu Direktorat Jendral Pajak telah memberikan kemudahan pada masyarakat dalam mendaftar dan melaporkan pajak dengan menggunakan sistem online dalam aplikasi E-SPT dan E-Filling.

E-SPT adalah surat pemberitahuan (SPT) dalam bentuk aplikasi yang merupakan fasilitas dari DJP kepada Wajib Pajak (WP) yang digunakan untuk merekam SPT beserta lampirannya, memelihara data SPT beserta lampirannya, generate SPT digital serta mencetak SPT dan dapat dilapirkan melalui media elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak.

E-Filling itu sendiri merupakan suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jendral Pajak. E-Fiiling memberikan kemudian kepada Wajib Pajak (WP) karena dengan menggunakan aplikasi tersebut, WP tidak perlu lagi mengantri di Kantor Pelayanan Pajak jadi bisa dipastikan WP akan lebih dimudahkan dalam hal pelaporan SPT karena WP hanya perlu duduk manis menggunakan PC atau Smartphone guna melaporkan SPT mereka tentunya dengan mengakses www.djponline.pajak.go.id di manapun dan kapanpun.

Sementara itu, pelatihan diadakan di aula gedung C kampus 1 Politeknik Harapan Bersama Tegal pada hari Rabu, 21 Maret 2018 yang di ikuti oleh seluruh Dosen semua Program Studi yang ada di Politeknik Harapan Bersama Tegal. Rangkaian acara dimulai sejak pukul 9 pagi. Para Dosen sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan pengisian dan pelaporan SPT menggunakan E-Filling. Mereka aktif bertanya seputar masalah perpajakan yang mereka alami dan meminta solusi dalam permasalahan tersebut dan juga masih banyak dosen yang belum memiliki NPWP serta ada beberapa yang belum pernah melaporkan secara online dan belum memiliki E-FIN. Sehingga melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM dibidang perpajakan khususnya dalam hal pelaporan E-SPT dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.