Acara seminar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Teknologi Nasional tanggal 10 Agustus dan merupakan salah satu rangkaian dari Acara engineering computer festifal (E-comp fest), dengan peserta seminar adalah dari mahasiswa komputer semester 4 sebanyak 381 mahasiswa dan 30 peserta dari luar Politeknik diantaranya dari SMK/SMA yang ada di Tegal, Slawi, Brebes dan sekitarnya. Acara seminar ini diselenggarakan oleh Prodi DIII Teknik Komputer Politeknik  Harapan Bersama, dengan mengundang  pembicara yakni Dr.Samuael Beta K,Ing,Tech.,M.T , Hendra Kusumah,M.Kom dan Mohammad Tobiin , Amd.Kom .  Tujuan seminar ini adalah mencetak sumber daya manusia khususnya mahasiswa Prodi DIII Teknik Komputer agar memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi digital. Kompetensi ini untuk mewujudkan pabrik cerdas (smart factories) seperti salah satunya Internet of Thing.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala BNN Kota Tegal juga memberikan pemaparan tentang adanya kekhawatiran penyebaran narkoba di daerah-daerah tertentu. Tegal merupakan daerah yang termasuk zona kuning untuk penyebaran narkoba ini. Beliau berpesan jika kita harus hati-hati karena jika narkoba yang masuk sudah dalam ton-ton (banyak) berarti bukan penyelundupan tetapi pengeboman narkoba yang akan membahayakan bagi sumber daya manusia di masa yang akan dating. dan beberapa SMA Negeri di Tegal dan beberapa SMK disekitar kota Tegal.

Pada Acara ini Dr.Samuel Beta,Ing.Tech.,MT adalah Dosen Elektronika di Politeknik Negeri Semarang memaparkan tentang peran SDM Teknologi Komputer dalam Revolusi 4.0 menyebutkan bahwa, revolusi  industri berkembang dari  mulai  menggunakan mesin uap, hingga  ke internet of Things yakni dimana era saat manusia melakukan segala sesuatu hanya menggunakan internet dengan memanfaatkan smartphone.

Beliau menyampaikan juga mengemukakan tentang big data yakni penerapan data untuk segala bidang kehidupan, misalnya saja saat kita akan berbelanja on line melalui toko on line, dan sebagainya. Teknologi  begitu cepat perkembangannya . Pada implementasinya di dunia industri banyak manfaatnya diantaran productivity, Flexibiliy, Quality dan kecepatan.

Pembicara kedua adalah Hendra Kusumah, M.Kom yakni dosen STIMIK Raharja Tangerang. Selain dosen beliau juga seorang maker, IOT Enthusiast dengan berbagai project Iot yang berhasil dibuat.

Penerapan Iot dibidang industri dapat melakukan pengambilan keputausan yang lebih cepat.  Beberapa penerapan Iot selain bidang industri juga sudah diimplementasikan di berbagai bidang kehidupan yakni di bidang kesehatan , perdagangan dan kemanan. Gojek merupakan salah satu penerapan IOT yang sudah mulai membumi, yakni sudah dapat digunakan dari semua kalangan. Beliau melakukan bebrapa projedt dengan menggunakan Arduino UNO dan beberapa sensor untuk produk IoT-nya.

Pembicara ketiga adalah alumni Prodi DIII Teknik Komputer  tahun 2015 yang telah berhasil menggeluti dunia pemrograman di berbagai perusahaan. Bahkan sekarang dia merupakan salah satu pemilik saham dan software engineer pada PT.Skyco Digital Indonesia. Materi yang dipaparkan adalah tentang RESTful Web Services yakni standar arsitektur komunikasi berbasis web.(idaafri,Agt,2018)