Mempersiapkan Mahasiswa dalam Revolusi Industri 4.0

Program Studi (Prodi) DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (PHB) menggelar Seminar Nasional dengan tema “Peran Sumber Daya Manusia di Bidang Teknologi Komputer dalam Revolusi Industri 4.0” di Aula Kampus 1 PHB, Jumat (9/8).

Dihadiri oleh seratusan mahasiswa PHB, seminar tersebut mendatangkan tiga narasumber di antaranya Dr. Samuael Beta K., Ing., Tech., M.T. (Politeknik Negeri Semarang), Hendra Kusumah, M.Kom (STMIK Raharja Tanggerang) dan Mohammad Tobiin, Amd.Kom alumni Prodi DIII Teknik Komputer PHB.

“Revolusi industri berkembang dari mulai menggunakan mesin uap, hingga  ke Internet of Things (IoT) yakni melakukan segala sesuatu hanya menggunakan internet. Juga penerapan big data untuk segala bidang kehidupan, misalnya saja saat kita mau berbelanja online melalui toko online,” kata Samuel Beta saat menyampaikan materinya.

Sementara Hendra Kusumah mengungkapkan bahwa kehadiran Gojek juga merupakan bukti bahwa penerapan IoT dapat dirasakan manfaatnya hingga semua kalangan. Menurutnya teknologi  begitu cepat perkembangannya pada implementasi IoT di dunia industri banyak manfaatnya di antaranya Productivity, Flexibiliy, Quality dan Kecepatan.

“Jangan bosen belajar coding, memang kelihatan rumit dan membosankan,” ujar Mohammad Tobiin yang kini menjadi salah satu pemilik saham dan software engineer di PT. Skyco Digital Indonesia. Tobiin menambahkan seperti mempelajari cara untuk membangun dan mengembangkan website statis, dinamis, komersial (e-commerce), serta menganalisa website akan sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Sambut Hakteknas

Antusias Himpunan Mahasiswa (Hima) Prodi DIII Komputer PHB menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang jatuh pada (10/8) lalu. Juga terajut dalam E-Comp Festival dengan mengadakan Lomba Produk Unggulan Tingkat Nasional. Lomba ini dilaksanakan pada (9/8) diikuti oleh 24 peserta diantaranya dari mahasiswa Universitas Telekomunikasi Bandung, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Politeknik Harapan Bersama, SMK N 1 Slawi, SMK N 1 Demak, SMK N 1 Adiwerna, SMK Al Ikhlas Banjarharjo dan SMK N 1 Adiwerna. Adapun juri pada perlombaan ini pembicara seminar Hendra Kusumah, Mohamad, perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tegal Heri Prihanto,Amd dan Andika, dan dari Dinas Pendudukan Dan Catatan Sipil Kota Tegal diwakili oleh Rosyid Mustofa,M.Kom.

SMK N 1 Adiwerna dengan judul “Automatic Floods Information System (AFIS) Sistem Informasi Bencana Banjir Secara Otomatis Berbasis IoT” yang dibuat oleh Bernika Irnadianis Iffada dan M.Nivan Burhanudin berhasil menjadi pemenang pertama. Pemenang kedua diraih oleh Politeknik Harapan Bersama dengan judul “Prototype Jemuran Ototmatis pada Industri Ikan Asin Berbasis Arduino UNO” yang dibuat oleh Guntur Duta Putra, M.Kevin dan Erfin Herdi Arian.

Pemenang ketiga diraih oleh Politeknik Harapan Bersama dengna judul “Prototype Penyiraman Otomatis Tanaman Cabe Rawit” yang dibuat oleh Aan Lediah Ario, Bastian Nazaromi, Khofidotun Khasanah, Nur Ida Anggraeni, Rachmati dan Dewi Sinta.