VISI DAN MISI D4 – TEKNIK INFORMATIKA

V I S I

MENJADI PROGRAM STUDI UNGGULAN DIBIDANG PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DI JAWA  TENGAH PADA TAHUN 2018.

M I S I

  1. MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN YANG MENGHASILKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG PROFESIONAL DIBIDANG TEKNOLOGI INFORMASI;
  2. MENYELENGGARAKAN PENELITIAN DIBIDANG TEKNOLOGI INFORMASI YANG MENDUKUNG KOMPETENSI LULUSAN.
  3. MENGHASILKAN PRODUK – PRODUK PERANGKAT LUNAK YANG BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT, PEMERINTAH DAN INDUSTRI.

KURIKULUM D4 – TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL

NO

NAMA MATA KULIAH

JENIS MK

SKS

SEMESTER

T

P

I

II

III

IV

V

VI

VII

VIII

MATA KULIAH PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK)

1

Pendidikan Agama

2

2

2

2

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

Jumlah

4

0

4

2

0

2

0

0

0

0

0

MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK)

1

Pengantar Teknologi Informasi

2

2

2

2

Interaksi Manusia Dan Komputer

2

2

2

3

Struktur Data

2

1

3

2

4

Pengantar E-Business & E-Commerce

2

2

2

5

Basis Data I

2

1

3

3

6

Basis Data II

1

2

3

3

7

Analisa dan Perancangan Sistem

2

1

3

3

8

Kecerdasan Buatan

3

3

3

9

Sistem Informasi

2

1

3

3

10

Keamanan Komputer

1

2

3

3

11

Perancangan Berorientasi Objek

1

2

3

3

12

Aplikasi Perkantoran

3

3

3

13

Sistem Operasi

2

1

3

3

14

Organisasi & Arsitektur Komputer

2

1

3

3

15

Kalkulus I

2

2

2

16

Fisika Dasar

2

2

2

17

Kalkulus II

3

3

3

18

Aljabar Linier

3

3

3

19

Statistika Komputasional

3

3

3

20

Matematika Diskrit

3

3

3

21

Riset Operasi

3

3

3

22

Metode Numerik

3

3

3

23

Bahasa Inggris

2

2

2

24

Bahasa Inggris 2

2

2

2

25

Bahasa Indonesia

2

2

2

Jumlah

52

15

67

11

17

12

9

9

8

0

0

MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)

1

Algoritma Pemrograman

2

1

3

3

2

Pemrograman Visual

3

3

3

3

Rekayasa Perangkat Lunak

2

1

3

3

4

Pemrograman Website

3

3

3

5

Pemrograman Perangkat Mobile

3

3

3

6

Pemrograman Framwork J2EE

3

3

3

7

Komputer Grafik

1

2

3

3

8

Pemrograman Game

3

3

3

9

Elektronika Analog

2

1

3

3

10

Sistem Digital

2

1

3

3

11

Pemrograman Hardware

3

3

3

12

Mikroprosesor

1

2

3

3

13

Jaringan Komputer 1

1

2

3

3

14

Jaringan Komputer 2

1

2

3

3

15

Jaringan Nirkabel dan Komputasi Bergerak

1

2

3

3

16

Sekuritas Jaringan

2

2

2

17

Multimedia

1

2

3

3

18

Animasi Komputer

3

3

3

19

Pemrograman Berorientasi Objek

3

3

3

20

Pengolahan Citra Digital

1

2

3

3

Jumlah

15

44

59

9

3

9

12

12

9

3

2

MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)

1

Kuliah Kerja Lapangan

2

2

2

2

Kerja Praktek

2

2

2

3

Tugas Akhir

6

6

6

Jumlah

0

10

10

0

0

0

0

0

0

4

6

MATA KULIAH KEHIDUPAN BERMASYARAKAT(MKKB)

1

Sosio dan Etika

2

2

2

2

Technopreneurship

2

2

2

Jumlah

4

0

4

0

0

0

0

0

0

2

2

Total Seluruhnya

75

69

144

22

20

23

21

21

17

9

10

 

 Semester I
NO KODE MATA KULIAH Jenis MK MK PRASYARAT
SKS T P
1 MKK23 Bahasa Inggris 1 2 2
2 MKK15 Kalkulus I 2 2
3 MKK16 Fisika Dasar 2 2
4 MKB09 Elektronika Analog 3 1 2
5 MKK01 Pengantar Teknologi Informasi 2 2
6 MKB01 Algoritma Pemrograman 3 2 1
7 MKK12 Aplikasi Perkantoran 3 3
8 MPK01 Pendidikan Agama 2 2
9 MKB02 Pemrograman Visual 3 3
 J U M L A H 22 13 9
 Semester II
NO KODE MATA KULIAH Jenis MK MK PRASYARAT
SKS T P
1 MKK24 Bahasa Inggris 2 2 2 Bahasa Inggris 1
2 MKK17 Kalkulus II 3 3 Kalkulus I
3 MKK18 Aljabar Linier 3 3
4 MKK03 Struktur Data 3 2 1 Algoritma Pemrograman
5 MKK04 Pengantar E-Business & E-Commerce 2 2 Pengantar Teknologi Informasi
6 MKK13 Sistem Operasi 3 3
7 MKB10 Sistem Digital 3 1 2 Elektronika Analog
8 MKK02 Interaksi Manusia Dan Komputer 2 2 Pemrograman Visual
 J U M L A H 21 15 6
 Semester III
NO KODE MATA KULIAH Jenis MK MK PRASYARAT
SKS T P
1 MPK02 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2
2 MKK19 Statistika Komputasional 3 3 Kalkulus I dan II
3 MKK20 Matematika Diskrit 3 3 Aljabar Linier
4 MKB19 Pemrograman Berorientasi Objek 3 3 Struktur Data
5 MKK05 Basis Data I 3 2 1
6 MKK14 Organisasi & Arsitektur Komputer 3 2 1 Sistem Operasi
7 MKB11 Pemrograman Hardware 3 3 Elektronika Analog, Sistem Digital
8 MKB03 Rekayasa Perangkat Lunak 3 2 1
 J U M L A H 23 14 9
 Semester IV
NO KODE MATA KULIAH Jenis MK MK PRASYARAT
SKS T P
1 MKK21 Riset Operasi 3 3 Statistika Komputasional
2 MKK22 Metode Numerik 3 3 Aljabar Linier
3 MKK06 Basis Data II 3 1 2 Basis Data I
4 MKB04 Pemrograman Website 3 3 Pengantar E Bisnis & Ecommers
5 MKB05 Pemrograman Perangkat Mobile 3 3 Pemrograman berorientasi Objek
6 MKB13 Jaringan Komputer 1 3 3
7 MKB12 Mikroprosesor 3 1 2 Pemrograman Hardware
 J U M L A H 21 8 13
 Semester V
NO KODE MATA KULIAH Jenis MK MK PRASYARAT
SKS T P
1 MKB14 Jaringan Komputer 2 3 3 Jaringan Komputer 1
2 MKB06 Pemrograman Framwork J2EE 3 3 Pemrograman Berorientasi Objek
3 MKB17 Multimedia 3 1 2
4 MKB07 Komputer Grafik 3 1 2 Sistem Operasi
5 MKK06 Analisa dan Perancangan Sistem 3 2 1 Basis Data I dan II
6 MKK07 Kecerdasan Buatan 3 3
7 MKK08 Sistem Informasi 3 2 1 Pengantar Teknologi Informasi
 J U M L A H 21 9 12
 Semester VI
NO KODE MATA KULIAH Jenis MK MK PRASYARAT
SKS T P
1 MKK10 Keamanan Komputer 3 1 2 Sistem Operasi
2 MKK25 Bahasa Indonesia 2 2
3 MKK11 Perancangan Berorientasi Objek 3 3
4 MKB20 Pengolahan Citra Digital 3 1 2 Grafika Komputer
5 MKB08 Pemrograman Game 3 3 Pemrograman Berorientasi Objek
6 MKB18 Animasi Komputer 3 3 Multimedia
 J U M L A H 17 4 13
 Semester VII
NO KODE MATA KULIAH Jenis MK MK PRASYARAT
SKS T P
1 MKB15 Jaringan Nirkabel dan Komputasi Bergerak 3 1 2 Jaringan Komputer 1dan 2
2 MPB01 Kuliah Kerja Lapangan 2 2 minimal 100 sks
3 MPB02 Kerja Praktek 2 2 minimal 100 sks
4 MKKB1 Sosio dan Etika 2 2
 J U M L A H 9 1 8
 Semester VIII
NO KODE MATA KULIAH Jenis MK MK PRASYARAT
SKS T P
1 MKKB2 Technopreneurship 2 2
2 MKB16 Sekuritas Jaringan 2 2 Jaringan Komputer 1 dan 2
3 MPB03 Tugas Akhir 6 6 Lulus KKL, KP
 J U M L A H 10 2 8