VISI DAN MISI PROGRAM STUDI AKUNTANSI

A. PROFILE PROGRAM STUDI D3 AKUNTANSI
Lulusan program studi D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama  diharapkan dapat menempati posisi sebagai penyelia, ajun (asisten) akuntan dan teknisi akuntansi dengan rincian posisi  jabatan sesuai dengan kategori dibidang profesi akuntansi seperti Accounting Clerk, Stock Control Supervisor, Account Supervisor, Cost Control, Tax Accounting Coordinator, Budget Officer, Assistant Auditor, and Assistant System Analyst pada berbagai organisasi baik di sektor swasta yang meliputi perusahaan  dan organisasi nirlaba maupun  di sektor publik yang meliputi instansi pemerintah (pusat/daerah), BUMN/BUMD dan menjadi wirausaha (entrepreneur).

B. VISI
Menjadi prodi D3 Akuntansi yang unggul, berstandar nasional dan berwawasan global yang berbasis pendidikan vokasional pada tahun 2020

C. MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang akuntansi dan berkualitas untuk meningkatkan kompetensi lulusan.
  2. Menerapkan kurikulum vokasi berbasis kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) untuk mewujudkan lulusan prodi D3 Akuntansi yang kompeten.
  3. Meningkatkan kerjasam nasional dalam pengembangan ilmu dan eknologi di bidang akuntansi.
  4. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa prodi D3 Akuntansi.
  5. Meningkatkan ketrampilan mahasiswa melalui kegiatan diklat yang bersertifikasi;

D. TUJUAN

  1. Melaksanakan tri Dharma perguruan tinggi
  2. Menerapkan kurikulum vokasi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk mewujudkan lulusan Prodi D3 Akuntansi yang kompeten;
  3. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan lulusan.
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana sesuai dengan standar pendidikan dan industry.
  5. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi civitas akademik.
  6. Meningkatkan kerjasama dengan mitra dan masyarakat, didalam dan diluar negeri.
  7. Memberikan pelayanan prima untuk tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa mitra dan masyarakat.

E. KOMPETENSI :

  1. Mampu menjadi teknisi akuntansi madya atau ajun akuntan profesional yang  mahir dalam melaksanakan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa,dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public yang sesuai dengan standar dan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemahiran penggunaan teknologi informasi, kemahiran berorganisasi, serta kemahiran bekerjasama dan berkomunikasi.
  2. Menguasai standar akuntansi keuangan dan teori praktis lainnya yang relevan dengan pekerjaan dan/atau penyelesaian masalah dalam bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar atau go-public.
  3. Mahir bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah dan/kelompok kerja (team work) baik dalam posisinya sebagai anggota dan/atau sebagai pimpinan kelompok kerja, untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang akuntansi termasuk mendokumentasikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.
  4. Mahir melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang akuntansi yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam kelompok kerja (team work).

Di samping kompetensi umum dan kompetensi utama di atas, lulusan program studi D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama diharapkan juga memiliki kompetensi pendukung pada bidang-bidang khusus sebagai berikut:

  1. Akuntansi perbankan
  2. Komputer  perpajakan
  3. Jiwa kewirausahaan

ORGANISASI

A. KETUA BADAN PENGURUS YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BERSAMA

B. BADAN PELAKSANA HARIAN YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BERSAMA
Ketua : Khafdilah MS., S.Kom
Sekretaris : Erwadi, S.Kom
Bendahara : Harsono, S.Kom

C. PEJABAT STRUKTURAL POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL
Direktur : Ir. Mc. Chambali, M.Kom
Pembantu Direktur : Arfan Haqiqi S, S.Kom.

D. UNSUR PIMPINAN PROGRAM STUDI
Ketua Program Studi : Ida Farida, SE, M.Si
Sekretaris : Yeni Priatna Saari, SE, M.Si, Ak
Ka. Laboratorium Akuntansi : Sunandar, SE, MSi, Ak
Ka. Administrasi : Andri Widianto, SE, Msi
Ka. Akademik : Hetika, MSi
Ka. Kemahasiswan : Tribuwana, M.Pd

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PRODI AKUNTANSI

A. CARA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
Pelaksanaan pendidikan pengajaran melalui sistem paket sebagai takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar mahasiswa atas dasar peraturan-peraturan yang berlaku di Politeknik Harapan Bersama.

Tujuan umum penerapan sistem paket adalah agar perguruan tinggi dapat lebih memenuhi tuntutan pembangunan serta membantu mahasiswa agar dapat menyelesaikan studi sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan, dalam hal ini mahasiswa diploma tiga (D3) diharapkan dapat menyelesaikan studinya dalam waktu tiga tahun.

 Tujuan khusus Sistem Pendidikan D III Akuntansi adalah sebagai berikut:

  1. Memberi kemampuan kepada mahasiswa yang cakap untuk lebih giat belajar dan dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang lebih pendek dari waktu studi yang dijadwalkan
  2. Memberi kemungkinan agar sistem pendidikan dengan masukan dan keluaran dapat dilaksanakan
  3. Mempermudah penyesuaian kurikulum karena perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat dewasa ini
  4. Untuk memberikan kemungkinan agar sistem evaluasi kemajuan belajar mahasiswa dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya

B. TAHUN AKADEMIK
Tahun Akademik penyelenggaraannya dimulai setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima menjadi mahasiswa di Prodi Akuntansi Politeknik Tegal.

C. SISTEM PAKET (PAKET SKS)

1. Pengertian Paket SKS

  • Sistem paket adalah sistem penyelenggaraan pendidikan dengan beban studi mahasiswa, beban tugas tenaga edukatif dan beban penyelenggaraan pendidikan dinyatakan dalam paket SKS.
  • Semester adalah satuan waktu untuk menyatakan lamanya penyelenggaraan pendidikan.
  • Semester adalah satuan waktu untuk 16 minggu tatap muka kegiatan pembelajaran yang terjadwal termasuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
  • Paket SKS adalah satuan waktu yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mehasiswa, besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha kumulatif bagi satuan program tertentu.

2. Arti Paket SKS

  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan studinya dalam waktu yang ditentukan sesuai dengan paket SKS yang diberikan.
  • Memberi kemungkinan penyesuaian-penyesuaian kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Memberi kemudahan pengalihan kredit antar program studi dalam satu perguruan tinggi atau antar perguruan tinggi lainnya.
  • Memberi kemungkinan agar sistem evaluasi kemajuan belajar mengajar dapat diselenggarakan dengan baik.

3. Ciri-ciri Paket SKS

  • Dalam paket SKS setiap mata kuliah diberi nilai kredit semester.
  • Besarnya nilai kredit untuk mata kuliah yang berlainan tidak perlu sama.
  • Basarnya nilai kredit untuk masing-masing mata kuliah ditentukan berdasarkan besarnya usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas dalam program perkuliahan, praktikum, kerja lapangan maupun tugas lainnya, sehingga besar kecilnya bobot paket SKS suatu mata kuliah sama sekali tidak mencerminkan luasnya ruang lingkup, mendalamnya bahan yang perlu dibahas serta banyaknya waktu yang dipergunakan untuk menguasainya.

4. Nilai Kredit
Besarnya beban studi yang harus ditempuh oleh mahasiswa selama satu semester untuk menyelesaikan pendidikan dinyatakan dalam nilai kredit. Nilai kredit suatu mata kuliah ditentukan berdasar atas beban kegiatan yang meliputi 3 (tiga) macam kegiatan setiap minggunya. Untuk nilai 1 (satu) SKS kegiatannya terdiri dari :

a) Untuk mahasiswa

  • Lima puluh menit tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar, misalnya dalam bentuk kuliah
  • Enam puluh menit kegiatan akademik terstruktur yaitu kegiatan studi terjadwal, tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar, misalnya dalam pembuatan pekerjaan atau menyelesaikan soal-soal
  • Enam puluh menit kegiatan akademik mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri dalam mendalami, mempersiapkan atau menyelesaikan tugas akademik lainnya, misalnya dalam bentuk membaca buku acuan / rujukan.

b) Untuk tenaga pengajar dengan rincian kegiatan

  • Lima puluh menit tatap muka terjadwal dengan mahasiswa
  • Enam puluh menit untuk perencanaan dan evaluasi kegiatan akademik terstruktur
  • Enam puluh menit untuk pengembangan materi

c) Nilai kredit Praktikum, Tugas Akhir dan Kerja Lapangan

  • Nilai 1 SKS praktikum adalah kegiatan terjadwal di laboratorium selama 2 jam setiap minggunya selama satu semester yang diiringi oleh sekitar 1 – 2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1 – 2 jam kegiatan mandiri
  • Nilai 1 SKS untuk kegiatan lapangan atau sejenisnya adalah beban tugas di lapangan sebanyak 4 – 5 jam / minggu selama 1 semester termasuk kegiatan iringannya
  • Nilai 1 SKS untuk penelitian dan penyusunan tugas akhir adalah beban tugas penelitian dengan 3 – 4 jam sehari selama 1 bulan termasuk kegiatan iringannya yang dianggap setara dengan 25 hari kerja

D. BEBAN STUDI
Beban studi pada jenjang Diploma III Akuntansi sudah dalam bentuk paket SKS. Adapun rincian paket SKS yang diberikan kepada mahasiswa pada tiap semesternya dapat dilihat pada bab berikutnya.

E. BATAS WAKTU STUDI
Beban studi program pendidikan Diploma III Akuntansi adalah jumlah mata kuliah yang dihitung dengan satuan SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar Ahli Madya minimal 110 SKS dan Maksimal 120 SKS. Beban SKS dijadwalkan dalam 6 – 10 semester, dapat ditempuh dalam waktu 6 semester dan selambat-lambatnya 10 semester. Penyelesaian studi Diploma III lebih dari 10 semester dianggap gagal atau Drop Out (DO)

F. PENDAFTARAN AKADEMIK
Pendaftaran akademik bertujuan untuk memperoleh hak mengikuti proses belajar mengajar atau hak mengikuti perkuliahan dan ujian dengan memperhatikan peraturan yang ada yaitu:

  1. Dilakukan pada setiap awal semester
  2. Telah melakukan pendaftaran administrasi
  3. Tata cara pendaftarannya adalah:
    • Mencantumkan paket mata kuliah semester tersebut dalam Kartu Rencana Studi (KRS)
    • Kartu Rencana Studi (KRS) dibuat rangkap 3 (tiga) ditandatangani oleh Pembimbing Akademik (PA) dan masing-masing diserahkan kepada Bagian Akademik, Pembimbing Akademik dan untuk mahasiswa yang bersangkutan. Mahasiswa yang tidak menyerahkan KRS pada waktu yang ditentukan mengakibatkan mahasiswa yang bersangkutan tidak terdaftar sebagai peserta kegiatan akademik atau tidak terdaftar sebagai peserta perkuliahan dan ujian

G. UJIAN
Untuk menempuh Ujian Tengah Semester (UTS) ataupun Ujian Akhir Semester (UAS) baik mata kuliah teori maupun praktikum maka mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Mata kuliah tersebut diprogramkan di KRS mahasiswa yang bersangkutan
  2. Mengikuti kuliah / praktikum sekurang-kurangnya 75% dari jumlah kuliah praktikum yang diselenggarakan oleh Pengampu Mata Kuliah / praktikum

a) Ujian Mata Kuliah Teori

  • Ujian Tengah Semester (UTS) diselenggarakan pada setiap pertengahan semester berjalan secara terjadwal seperti tercantum dalam Kalender Akademik. Materi UTS meliputi materi / bahan kuliah yang diberikan sejak awal semester hingga tengah semester dan dilaksanakan oleh Pengampu Mata Kuliah yang dikoordinasikan dengan BAA
  • Ujian Akhir Semester (UAS) diselenggarakan pada akhir semester dengan jadwal yang ditetapkan sesuai jadwal di Kalender Akademik. Materi UAS meliputi bahan-bahan UTS dan materi kuliah setelah UTS atau materi setelah UTS saja

b) Ujian Mata Kuliah Praktikum
Ujian praktikum diselenggarakan pada akhir seluruh acara praktikum dan mengikuti jadwal praktek. Materi praktek sepenuhnya ditentukan oleh pengampu mata kuliah praktek yang bersangkutan.

c) Ujian Tugas Akhir (TA)
Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Kertas Kerja (Tugas Akhir)

H. PENILAIAN

1. Arti Penilaian
Penilaian adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh tenaga pengajar untuk mengukur dan menilai keberhasilan kegiatan belajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan alat pengukur kegiatan yang dibuat oleh dosen yang bersangkutan

2. Penilaian Terhadap Mahasiswa
Aspek-aspek yang dinilai:

  • Aspek pengetahuan (kognitif) setiap bidang studi ataupun seluruh bidang studi yang telah ditempuh
  • Aspek keterampilan (psikomotorik) yang berkaitan dengan pelaksanaan suatu kegiatan
  • Aspek sikap dan tingkah laku (afektif) yang berkaitan erat dengan perirasa dan perilaku dalam melaksanakan kegiatan

3. Penilaian untuk Mata Kuliah Teori meliputi:

  • Ujian Tengah Semester yang terjadwal
  • Tes harian, tugas individu maupun kelompok dll (tergantung kebijaksanaan tenaga pengampu masing-masing mata kuliah)
  • Ujian Akhir Semester terjadwal

4. Penilaian untuk Mata Kuliah Praktek meliputi:

  • Ujian Tengah Semester yang terjadwal
  • Ujian Akhir Semester masuk dalam jadwal kuliah normal
  • Penilaian lain seperti pre test, laporan, tugas, dll berdasarkan kebijaksanaan Dosen yang mengampu mata kuliah praktikum.

5. Penilaian untuk Tugas Akhir
Sesuai pedoman pelaksanaan tugas akhir

I. BOBOT NILAI UJIAN DAN RUMUS PENGHITUNGANNYA
1. Dosen atau Program Studi wajib melaksanakan paling sedikit 2x ujian dalam satu semester dengan prosentase nilai sebagai berikut:

  • Nilai Tugas = 10 %
  • Nilai kehadiran = 15 %
  • Partisipasi = 5%
  • Nilai UTS = 30 %
  • Nilai UAS = 40 %

Skor akhir adalah jumlah dari semua prosentase di atas adalah 100 %
Tabel: Konversi Nilai Akhir dan Bobot Nilai Akhir Angka Nilai Akhir Huruf Bobot

Nilai Angka Nilai Huruf

  • 80,00 – 100,00 A
  • 68,00 – 79,99 B
  • 56,00 – 67,99 C
  • 45,00 – 55,99 D
  • 00,00 – 44, 99 E

2. Cara penilaian ujian praktek / praktikum / TA diserahkan ke Dosen Pengampu tanpa meninggalkan aturan-aturan yang telah ditetapkan

J. CARA MENENTUKAN NILAI

  1. Pendekatan penilaian mengacu pada pendekatan PAN
  2. Setiap evaluasi belajar harus ada nilai 4 (A) , 3 (B), C (2), dan D (1)
  3. Pada prinsipnya penentuan nilai ditentukan oleh dosen, tetapi jika tidak dapat / belum melaksanakan ketentuan dalam point 1, dan 2 di atas maka Program Studi berwenang untuk menyesuaikan dan mengambil kebijaksanaan terhadap hasil penilaian itu
  4. Cara penilaian ini harus diimbangi dengan efektifitas perkuliahan antara lain frekuensi perkuliahan, pemberian tugas dan pembahasan hasil, observasi dan pengulangan bahan / materi responsi dan sebagainya

K. PERBAIKAN NILAI
Perbaikan nilai D3 Akuntansi diberikan dengan bentuk Remidi yaitu :
Perbaikan nilai dijabarkan sebagai berikut

1. REMIDIASI
Perbaikan dimaksudkan adalah remidiasi yaitu kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk memperbaiki nilai suatu mata kuliah teori yang pernah ditempuh dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Diprogramkan pada Kartu Rencana Studi (KRS)
  • Perbaikan Nilai melalui remidi untuk Program Studi D3 Akuntansi
  • Mahasiswa diberi kesempatan remidiasi dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Telah menempuh program paket semester dalam KRS
    • Telah mengikuti perkuliahan semester
    • Mata kuliah yang tidak lulus merupakan nilai D dan E
    • Dilaksanakan setelah ujian akhir semester
    • Mahasiswa remidisi diumumkan oleh Prodi
    • Mahasiswa menghubungi masing-masing dosen pengampu

L. PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) DAN PENYUSUNAN KERTAS KERJA (TA)
Tugas akhir merupakan salah satu kewajiban mahasiswa di semester akhir, sesuai dengan kurikulum yang berlaku meliputi Praktek Kerja Lapangan di Instansi Pemerintah maupun swasta.

1. Syarat
Terdaftar dalam KRS

2. Administrasi

  • Tempat pelaksanaan Tugas Akhir ditentukan oleh masing-masing mahasiswa
  • Pembimbingan

Dosen pembimbing ditunjuk oleh Ketua Program Studi

Tugas dosen pembimbing:

  • Memberikan pembekalan
  • Membimbing selama proses pelaksanaan Tugas Akhir
  • Membimbing pembuatan laporan
  • Menguji laporan tugas akhir
  • Menilai

Laporan disusun sesuai format yang berlaku

3. Teknik Pelaksanaan

a) PKL (pelaksanaan pada semester VI)

  • Mahasiswa dapat melaksanakan PKL minimal sudah menempuh 5 semester
  • Awal semester VI mahasiswa mendaftarkan diri ke koordinator PKL
  • Setiap tempat pelaksanaan PKL mahasiswa wajib membuat laporan PKL sesuai dengan pembimbing PKL ditempat PKL
  • Laporan hasil PKL dikumpulkan maksimal 4 minggu setelah pelaksanaan PKL selesai.
  • Penilaian diberikan oleh pembimbing PKL sesuai dengan tata aturan yang berlaku.

M. PEMBIMBING AKADEMIK

  1. Pembimbing akademik (PA) merupakan dosen tetap D3 Akuntansi Politeknik Tegal
  2. Pembimbing akademik (PA) bertujuan membantu mahasiswa dalam proses belajar mengajar sampai akhir studi mahasiswa yang bersangkutan, dengan tugas-tugas sebagai berikut:
  3. Memberikan konsultasi dan bimbingan kepada mahasiswa dalam masalah akademik pada umumnya dan perencanaan perkuliahan pada khususnya
  4. Memberikan nasehat dan pertimbangan dalam mengatasi hambatan studi yang mungkin ada
  5. Mengikuti perkembangan studi mahasiswa dari data prestasi akademik dan ikut membantu menyelesaikan masalah-masalah akademik mahasiswa yang bersangkutan.

N. STATUS AKADEMIK AKHIR PROGRAM
Mahasiswa dinyatakan lulus program D III dan memperoleh ijasah Ahli Madya (A.Md) apabila telah memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Telah menempuh dan lulus semua mata kuliah sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. IP Kumulatif minimal 2,75
  3. Tidak mempunyai nilai D dan E
  4. Telah lulus tugas akhir
  5. Telah lulus dalam Program Pengenalan Kampus

Selain ketentuan ini, Pembimbing Akademik (PA) perlu memperhatikan pula kondisi mahasiswa pada semester tersebut

O. PREDIKAT KELULUSAN
Penetapan predikat kelulusan program D III Akuntansi berdasarkan indeks prestasi kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • IPK 2,60 – 2,75 : lulus dengan memuaskan
  • IPK 2,76 – 3,50 : lulus dengan sangat memuaskan
  • IPK 3,51 – 4,00 : lulus dengan pujian (cum laude)

P. PENDAFTARAN AKADEMIK DAN IJIN CUTI
Untuk menunjang kelancaran penyelenggaraan proses pendidikan pada Program Studi D III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal diperlukan tata cara akademik sebagai berikut:

1. Pendaftaran
Pendaftaran merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan Sistem Kredit Semester, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar dan evaluasi keberhasilan studi mahasiswa. Mahasiswa hanya dapat mengikuti ujian apabila telah mengikuti belajar mengajar dari mata kuliah yang diprogramkan. Untuk memprogramkan mata kuliah mahasiswa terlebih dahulu melakukan pendaftaran administrasi dan pendaftaran akademik

a) Pendaftaran administrasi

  • Melunasi biaya pendaftaran administrasi yang telah ditentukan untuk memperoleh status sebagai mahasiswa. Kegiatan ini dinamakan Daftar Ulang
  • Waktu pendaftaran dilakukan bersama-sama setiap awal semester

b) Pendaftaran akademik
Pendaftaran akademik bertujuan untuk memperoleh hak mengikuti proses belajar mengajar ( hak untuk mengikuti perkuliahan dan ujian) dengan memperhatikan:

  1. Mencantumkan paket mata kuliah dalam Kartu Rencana Studi) yang diketahui dan ditandatangani oleh pembimbing / penasehat akademik (PA) masing-masing dan diserahkan kepada bagian akdemik
  2. Mahasiswa yang tidak menyerahkan KRS pada waktu yang ditentukan akan mengakibatkan yang bersangkutan tidak terdaftar sebagai peserta kegiatan akademik (tidak terdaftar sebagai peserta perkuliahan, praktek dan ujian)
  3. Jadwal dan tata cara pendaftaran administrasi maupun akademik diumumkan tersendiri pada setiap awal tahun akademik

2. Ijin cuti tidak mengikuti kegiatan akademik
Mahasiswa Program Diploma III di Politeknik Harapan Bersama Tegal dalam keadaan tertentu dibenarkan untuk mengajukan permohonan ijin cuti tidak mengikuti kegiatan akademik, dengan syarat:

  1. Mahasiswa cuti adalah mahasiswa yang berhenti mengikuti kegiatan akademik sebelum program studinya selesai kemudian mengikuti kembali kegiatan akademik dengan seijin Ketua Program Studi
  2. Waktu cuti hanya diberikan selama 2 (dua) semester, kecuali dengan petunjuk-petunjuk khusus yang disetujui dan diperbolehkan oleh ketua program.
  3. Waktu cuti dalam (a) tidak akan diperhitungkan untuk menentukan batas waktu penyelesaian studi.
  4. Permohonan ijin cuti hanya dapat diajukan oleh mahasiswa yang telah mengikuti kuliah paling sedikit 2 (dua) semester.
  5. Mahasiswa cuti diwajibkan membayar SPP semester yang bersangkutan tanpa uang praktek/ laboratorium yang besarnya ditentukan dengan pengumuman tersendiri pada setiap semesternya.
  6. Mahasiswa yang ingin aktif kembali diwajbkan mendaftar ulang dan melaporkan ke Ketua Program Studi.
  7. Mahasiswa yang berhenti mengikuti kegiatan akademik diluar point (a), waktu berhenti akan ikut diperhitungkan menentukan batas waktu studi dan diwajibkan membayar SPP serta uang laboratorium /praktek.
  8. Ketentuan lain : Mahasiswa yang dengan sengaja meninggalkan kegiatan kegiatan akademik lebih dari 4 (empat) semester tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik kembali dan dinyatakan keluar /berhenti dari Program Studi D3 Akuntansi Politeknik Tegal.

CARA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN