355 PESERTA IKUTI WEBINAR OTOMASI INDUSTRI PRODI ELEKTRONIKA POLTEK HARBER

Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan Webinar dengan tema Otomasi Industri 4.0 yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom pada Kamis, (26/1). 

Webinar ini diikuti oleh 355 peserta yang terdiri dari siswa SMK, mahasiswa dan umum. Webinar ini bertujuan untuk membekali siswa SMK dan mahasiswa agar mampu menghadapi revolusi industri khususnya otomasi industri dan memberikan pengalaman seputar iklim maupun gambaran dunia industri.

Wakil Direktur IV Poltek Harber Ginanjar Wiro Sasmito mengatakan, perusahaan multinasional seperti perakitan mobil sudah menggunakan robot dalam perakitannya, bahkan proses perakitan satu mobil hanya dalam hitungan menit.

“Itu merupakan dari aplikasi otomasi industri. Kita harus bisa membangun link and match dengan industri untuk bisa menguasai otomasi industri. Jadi webinar ini menjadi bagian langkah untuk itu,” kata Ginanjar.

Eko Budi Utomo pemateri dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menerangkan, industrial otomasi itu berfokus pada kehandalan dalam produksi, sedangkan di dunia pendidikan pembelajaran otomasi berfokus pada peralatan yang murah. “Melihat hal itu, dunia pendidikan perlu terus menggandeng industri dalam pelaksanaanya,” kata Eko.

“Otomasi itu mudah dipelajari, tidak perlu khawatir karena tidak bias. Yang paling penting adalah menyiapkan softskill untuk siap di dunia industri, seperti sikap disiplin, tahan terhadap tantangan dan jujur,” kata Agus Halim pemateri dari perusahaan Matahari Megah Tangerang.

15 Februari 2023 - 16:33:16 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Kemahasiswaan   Lain - Lain   Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Elektronika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa