Abadikan Ekspresi Dalam Pameran Fotografi

TEGAL Sebagai wujud untuk menumbuhkan apresiasi kepada seni khususnya seni fotografi di lingkungan kampus. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi RANA9 mengadakan pameran dan lomba fotografi pada Jum’at (17/5) di halaman parkiran kampus 1 Politeknik Harapan Bersama (PHB), Tegal.

Pameran fotografi bertajuk “Ekspresi” diikuti oleh 30 anggota RANA9. Pameran tersebut resmi dibuka oleh Wakil Direktur 3 PHB Umi Baroroh, S.SiT., M.Kes. Dalam pembukaannya Umi Baroroh menyampaikan bahwa kampus PHB selalu memfasilitasi mahasiswa untuk berekspresi. “Asal ekspresi tersebut mempunyai maksud dan tujuan yang baik. Karena melalui fotografi kita dapat bercerita tentang sebuah peristiwa maupun hanya sekedar mengungkapkan rasa,” ujar Umi.

Wadir 3 Bidang Kemahasiswaan tersebut berharap RANA9 dapat sinergi dengan kegiatan-kegiatan di kampus khususnya kegiatan mahasiswa. “Foto juga menjadi dokumentasi yang kongkret dari masa ke masa. Kedepanya PHB berencana untuk menggelar pameran fotografi tempo dulu, dari PHB hanya memiliki satu bangunan hingga PHB menjadi kampus Politeknik yang maju seperti sekarang. Saya berharap RANA9 dapat mewujudkannya,” ungkap Umi.

Pembina RANA9 Drs. Mayang Sri Herbimo mengungkapkan, pameran foto adalah sebagai ritual UKM Fotografi setiap tahunnya. Mayang juga mengungkapkan bahwa generasi saat ini adalah generasi yang kreatif. “Saat ini berkarya dan memproduksi foto tidak perlu menggunakan kamera yang mahal. Cukup menggunakan kamera HP kita juga dapat berkarya. Contohnya karya Dwi Syifaul Khasanah pemenang Lomba Fotografi Instagram HUT ke-439 Kota Tegal lalu. Dia meraih juara 1 hanya dengan kamera HP,” tegas Mayang.

Ide tema acara sendiri muncul dari Anisa Pandu Sabilah mahasiswi Program Studi (Prodi) D4 Teknik Informatika. Menurut Anisa tema Ekspresi diangkat untuk menjelaskan segala ekspresi yang bisa diabadikan dalam bentuk foto. “Karna masih banyak orang beranggapan kalau difoto itu kita harus senyum, padahal semua ekspresi atau raut wajah kan boleh diabadikan dalam bentuk foto,’ kata Anisa.

Dalam lomba fotografi tersebut dipilih sebagai pemenang lomba melalui nilai terbanyak yang diberikan oleh pengunjung pameran. Terpilih sebagai juara 1 Samudi dari D3 Komputer, juara 2 Febi Tama dari D3 Elektronika dan juara 3 Prisma Niar Asmarani D3 Akuntasi. Adapun Juara Favorit jatuh pada Wieke Harneni dari D3 Akuntansi.

@bunghasta
23 Mei 2019 16:39:58 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan