ANGKAT KEBERSIHAN LINGKUNGAN RUMAH, MAHASISWI BIDAN PHB JUARA LKTI TINGKAT NASIONAL

Mahasiswi Politeknik Harapan Bersama (PHB) berhasil meraih juara nasional pada lomba karya tulis ilmiah (LKTI) tingkat nasional di STIKES Telogorejo, Rabu (08/12).

Mahasiswa semester 1 Program Studi (Prodi) D-3 Kebidanan Laduniyah Furqoni berhasil mendapatkan juara 1 dan Afidatul Awaliyah juara 3 di ajang yang mengambil tema “Perilaku Hidup Sehat Menentukan Nasib Kita”.

“Dampak yang ditimbulkan akibat tidak menjaga kebersihan yaitu dapat menjadi tempat sarang nyamuk, diare, dan penyakit kulit,” kata Laduniyah.

Judul yang diajukan oleh Laduniyah terkait pengaruh kebersihan lingkungan rumah terhadap kesehatan. Dia menjelaskan, mengangkat tema kebersihan lingkungan rumah melihat dari masyarakat di sekitar rumah yang tidak menjaga lingkungan rumahnya.

“Banyak masyarakat yang kurang peduli dengan kebersihan halaman rumah, kebersihan kamar, dan kamar mandi, apalagi masyarakat desa biasanya sampah masih terkumpul di depan rumah.

Lain halnya dengan Afidatul, judul KTI yang dibuat yaitu pengaruh pola makan sehat bagi mahasiswa. Menurutnya latar belakang yang diambil karena melihat dari mahasiswa-mahasiswi yang tinggal jauh dari rumah dan memilih kos atau tinggal di asrama, hal tersebut menyebabkan pola makan yang berbeda. 

“Karena tinggal di kos atau di asrama, biasanya lebih ngirit karena menyesuaikan anggaran yang dipunya. Pola makan yang tidak sehat seperti telat makan dll dapat menyebabkan gangguan pada lambung,” tuturnya.

Motivasi yang diberikan untuk mahasiswa lainnya, menurut Laduniyah yang penting mencoba dan berusaha maksimal jadi misalkan ada lomba apapun diusahakan ikut berpartisipasi.

“Buat teman-teman yang punya minat dan bakat, kalau bisa disalurkan ke perlombaan-perlombaan yang ada. Jadi kita memiliki prestasi, daripada membuang waktu untuk nongki mendingan mengikuti lomba yang bermanfaat,” terang Afi.

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami