Bijak dalam Perencanaan Efisiensi Pajak

Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Kota Tegal mengadakan kegiatan seminar yang berjudul Tax Planning is One of Tax Avoidance Strategic bertempat di Aula Gedung C, pada Selasa (31/01/23).

Wakil Direktur 3 Poltek Harber Gunawan Adib Achmadi dalam sambutanya menuturkan, mahasiswa akuntansi sektor publik dapat berpikir dan berinovasi tentang kebutuhan masyarakat dalam hal akuntansi sektor publik. 

“Sehingga mahasiswa bisa memfasilitasi atau menjadi konsultan dalam kebijakan publik. Maupun dengan membuat perencanaan pajak yang baik,” kata Adib.

Ade Sistiawanto membawakan materi terkait tax planning dalam pandangan otoritas pajak yaitu Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Ia menuturkan, tujuan utama dari tax planning adalah ingin menghemat atau efisiensi pajak. 

Tax Avoidance dan Tax Planning memiliki kesamaan tujuan yaitu mengurangi/meminimalkan pajak yang seharusnya terutang dengan memanfaatkan celah peraturan pajak (loophole). Sedangkan tax evasion merupakan tindakan kriminal yang dengan sengaja melanggar undang-undangan pajak,” kata Ade

Ade menambahkan, persamaan antara tax avoidance dan tax evasion adalah sama-sama menjadi penyebab berkurangnya penerimaan pajak karena potensi pajak yang seharusnya dapat direalisasikan menjadi hilang.

Sementara itu, Andi Riyanto menjelaskan terkait skema-skema aggressive tax planning. Skema aggressive tax planning, yaitu transfer pricing, thin capitalization, treaty shopping, dan controlled foreign corporation (CFC). 

Transfer pricing adalah suatu kebijakan perusahaan dalam menentukan harga transfer suatu transaksi, baik barang maupun jasa, berwujud atau tidak, serta transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan,” kata Andi.

01 Februari 2023 - 11:17:11 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)   Bagian Administrasi Akademik (BAA)   Kemahasiswaan   Lain - Lain   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa