D4 Teknik Informatika Adakan Pelatihan Internet Learning

Sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian kepada masyarakat, Tim Dosen D4 Teknik Informatika Jum’at-Sabtu(24-25/01) lalu mengadakan kegiatan pelatihan Internet Learning bagi guru di SMK muhammadiyah Bulakamba Kabupaten Brebes. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 34 Guru SMK Muhammadiyah Bulakamba dengan berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda untuk setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah tersebut.

Kepala SMK Muhammadiyah Bulakamba mengatakan bahwa beliau merasa sangat senang sekali atas kedatangan tim instruktur dari D4 Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal yang notabene adalah para dosen bisa memberikan sedikit pengetahuan kepada para Guru di sekolahnya mengenai internet learning ini. “Jujur bahwa kami disini memang masih sangat memerlukan dukungan dan bantuan bimbingan dari semua pihak terlebih mengenai penerapan teknologi seperti ini, sehingga nantinya bisa kami terapkan untuk proses belajar mengajar pada siswa di kelas sekolah kami, kita tahu bahwa sekolah kami sudah mempunyai infrastrukur ICT yang sudah sangat mendukung”, ujarnya.

Dalam sambutannya, Ka. Prodi D4 Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom menyampaikan bahwa kita sebagai pendidik sudah tentu harus bisa menyesuaikan dengan keadaaan sekarang ini dimana penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran menjadi sebuah keharusan, memang kita sedikit terlambat tapi kita harus mulai dari sekarang dan kapan lagi. Media pembelajaran berbasis ICT merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan, dengan melihat semakin berkembangnya teknologi sedangkan konsep pembelajaran yang ada sekarang masih banyak yang belum menggunakan teknologi maka kita sebagai pendidik sangat diwajibkan menguasainya, tambahnya . “Harapannya kedepan setelah mengikuti pelatihan ini, para Guru di SMK Muhammadiyah Bulakamba bisa menerapkannya sebagai salah satu teknik metode pembelajaran dalam mengajar mata pelajaran kepada seluruh siswa”, pungkas Ginanjar yang merupakan bapak dari satu orang anak ini.

Materi yang disampaikan pada pelatihan internet learning kali ini diantaranya adalah Penerapan ICT sebagai media pembelajaran Oleh Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom, Implementasi media pembelajaran dengan menggunakan Edmodo oleh Oman Somantri, S.Kom serta proses pembuatan e-Book disampaikan langsung oleh Wildani Eko Nugroho, S.Kom. “Saya sangat senang sekali bisa belajar seperti ini, terlebih selama ini Guru masih mempunyai keterbatasan dalam hal penerapan teknologi untuk media pembelajaran”, ujar salah seorang Guru peserta pelatihan.

Dalam kesempatan terpisah, Pembantu Direktur I PoliTeknik Harber Tegal M.Teguh Prihandoyo, S.Kom mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Dosen D4 Teknik Informatika, beliau menambahkan bahwa pelatihan Internet Learning yang dilaksanakan oleh Dosen D4 Teknik Informatika merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. “ Sudah hukumnya wajib bagi dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal untuk melaksanakan pengabdian masyarakat, karena itu kita akan terus mendorong para dosen untuk melaksanakan kegiatan yang serupa”, pungkas beliau. (Oman/D4-TI)

10 Februari 2014 - 17:55:33 WIB   0
Prodi D-4 Teknik Informatika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa