D4 Teknik Informatika Berikan Pelatihan Internet Learning Untuk Guru SMK

Sebagai salah satu bentuk Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat, Tim Dosen Prodi D4 Teknik  Informatika bekerjasama dengan 10 mahasiswa pada hari Jum’at-Sabtu (13-14/02/15) lalu memberikan kegiatan pelatihan Internet Learning bagi guru SMK. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 Guru SMK Islamiyah Adiwerna dengan berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda untuk setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah tersebut.

Kepala SMK Islamiyah Adiwerna yang diwakilkan oleh QMR-nya yakni Bapak Suhermanto Hendra, M.T mengatakan bahwa beliau merasa sangat senang atas kedatangan tim dari Prodi D4 Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal yang telah memberikan banyak pengetahuan kepada para Guru di sekolahnya mengenai Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran, dalam hal ini adalah pelatihan internet learning. “Jujur walaupun sekolah kami telah memiliki infrastruktur ICT yang cukup memadahi, namun tetap kami masih sangat memerlukan dukungan dan bimbingan dari semua pihak, terlebih mengenai penerapan teknologi  seperti ini, sehingga nantinya bisa kami terapkan dalam proses pembelajaran di sekolah” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ka.Prodi D4 Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom menyampaikan bahwa kita sebagai pendidik sudah tentu harus bisa menyesuaikan dengan keadaaan sekarang ini dimana penggunaan teknologi sebagai tool dan media pembelajaran menjadi sebuah kebutuhan, memang kita sedikit terlambat tapi tetap kita harus memulainya. Media  pembelajaran berbasis ICT merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan yang mampu memudahkan, mengefisiensikan serta mengefektifkan proses pembelajaran, oleh karenanya sebagai pendidik kita harus mampu memanfaatkannya sebagai pendukung proses pembelajaran, tambahnya . “Harapannya kedepan setelah mengikuti pelatihan ini, para Guru di SMK Islamiyah Adiwerna bisa menerapkannya sebagai salah satu metode pembelajaran  dalam mengajar mata pelajaran  kepada seluruh siswa”, pungkas Ginanjar.

Materi yang disampaikan pada pelatihan internet learning diantaranya adalah Penerapan ICT sebagai media pembelajaran Oleh Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom, Implementasi media pembelajaran dengan menggunakan Edmodo oleh Oman Somantri, S.Kom dan Taufiq Abidin, S.Pd., M.Kom serta proses pembuatan e-Book disampaikan langsung oleh Dega Surono Wibowo, S.T., M.Kom. “Saya sangat senang sekali bisa belajar seperti ini, terlebih selama ini Guru masih mempunyai keterbatasan dalam hal  penerapan teknologi  untuk media pembelajaran”, ujar salah seorang Guru peserta pelatihan.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur PoliTeknik Harapan Bersama Bapak Mc. Chambali, B.Eng., M.Kom mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Tim Prodi D4 Teknik Informatika, beliau menambahkan bahwa   pelatihan Internet Learning yang dilaksanakan oleh kolaborasi antara Dosen dan mahasiswa D4 Teknik Informatika merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, Beliau berharap bahwa kolaborasi serupa juga agar di terapkan pada dharma yang lain, yakni penelitian.

@bunghasta
18 Februari 2015 13:28:03 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan