D4 Teknik Informatika Berikan Pelatihan Pengenalan Linux OS dan Software Open Source

Sebagai salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat, Tim Dosen Prodi D4 Teknik  Informatika  bekerjasama dengan 6 mahasiswa pada hari Sabtu (09/01/16) memberikan kegiatan Pelatihan Pengenalan Linux OS dan Software Open Source di SMK Bina Nusa Slawi. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 60 Siswa SMK Bina Nusa Slawi dari jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dan Multimedia.

Kepala SMK Bina Nusa Slawi yakni Bapak Sunaryo, S.Pd., M.Kom mengatakan bahwa beliau merasa sangat senang atas kedatangan tim dari Prodi D4 Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal yang telah memberikan banyak pengetahuan kepada siswanya mengenai Linux OS dan Software Open Source. Bapak Erik Firmansah selaku salah satu guru jurusan TKJ juga mengatakan bahwa sekolahnya telah memiliki infrastruktur ICT yang cukup memadahi, namun masih sangat memerlukan dukungan dan bimbingan dari semua pihak, terlebih mengenai pemanfaatan software-software open source seperti ini, sehingga nantinya bisa kami terapkan di sekolah” ujarnya.

Dalam sambutannya, Ka.Prodi D4 Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom menyampaikan bahwa Linux OS dan software open source merupakan sebuah solusi terhadap permasalahan penggunaan sistem operasi dan software-software yang berlisensi. Secara bertahap kami dari Prodi DIV Teknik Informatika akan menyebarkan virus-virus positif tentang penggunaan Linux OS dan Software-software open source di dunia pendidikan, pemerintahan, UKM dan swasta, tambahnya.

Materi yang disampaikan pada pelatihan tersebut diantaranya adalah Pengenalan Linux OS, Cara penginstalan Linux OS dan Pengenalan Software-software Open Source. Semua materi tersebut disampaikan oleh mahasiswa yang di back-up oleh beberapa dosen dari Prodi D IV Teknik Informatika, diantaranya : Dega Surono Wibowo, S.T., M.Kom, T. Bayu Sasongko, M.Eng, Dairoh, M.Sc dan Ahmad Sutanto, S.Kom.

Peserta pelatihan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, salah satunya dikarenakan pematerinya adalah mahasiswa yang masih berada di semester 3 yang hampir se-usia dengan para peserta pelatihan, sehingga peserta tidak canggung untuk berdialog, berkomunikasi dan mengajukan beberapa pertanyaan.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur PoliTeknik Harapan Bersama Bapak Mc. Chambali, B.Eng., M.Kom mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Tim Prodi D4 Teknik Informatika, beliau menambahkan bahwa Pelatihan Pengenalan Linux OS dan Software Open Source yang dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa D4 Teknik Informatika merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, Beliau berharap bahwa kolaborasi serupa juga agar di terapkan pada dharma yang lain, yakni penelitian.

@bunghasta
10 Januari 2016 15:33:42 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan