Dosen dan Mahasiswa Teknik Informatika Berikan Pelatihan Internet Learning Bagi Guru SMK di Pemalang dan Pekalongan

Sebagai salah satu pengamalan bentuk Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat, Tim Dosen Prodi D IV Teknik  Informatika  bekerjasama dengan 20 mahasiswa pada hari Sabtu (10/12/2016) lalu memberikan kegiatan pelatihan Internet Learning bagi guru SMK atau sederajat yang ada di wilayah Kabupaten Pemalang dan Kota Pekalongan. Kegiatan ini diselenggarakan di SMK PGRI 2 Comal, SMK Muhammadiyah Wiradesa-Pekalongan, SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan dan MA Salafiyah Yapensa Jenggot Kota Pekalongan. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 80 guru tersebut dilaksanakan diwaktu yang bersamaan dengan tim yang berbeda.

Salah satu Kepala Sekolah tempat Pelaksanaan kegiatan, yaitu : Drs. H. Ghozali, M.Si selaku Kepala SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan mengapresiasi program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan program studi D IV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama, beliau merasa sangat senang atas kedatangan tim dari Prodi D IV Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama yang telah memberikan banyak pengetahuan kepada para Guru di sekolahnya mengenai Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran, dalam hal ini adalah pelatihan internet learning.

Ka. Prodi D IV Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom juga menyampaikan bahwa sebagai pendidik sudah tentu harus bisa menyesuaikan dengan keadaaan, dimana sekarang penggunaan teknologi sebagai tooldan media pembelajaran menjadi sebuah kebutuhan, walaupun sedikit terlambat tapi tetap harus memulainya. Media  pembelajaran berbasis ICT merupakan sebuah terobosan dalam dunia pendidikan yang mampu memudahkan, mengefisiensikan serta mengefektifkan proses pembelajaran, oleh karenanya sebagai pendidik harus mampu memanfaatkannya sebagai pendukung proses pembelajaran. “Harapannya kedepan setelah mengikuti pelatihan ini, para Guru bisa menerapkannya sebagai salah satu metode pembelajaran  dalam mengajar mata pelajaran  kepada seluruh siswa serta dapat menyebarluaskan ilmu yang telah didapat saat pelatihan tersebut dilaksanakan” tambahnya.

Pemateri pada kegiatan tersebut dibagi dalam 4 tim, untuk tim 1 adalah : Taufiq Abidin, S.Pd., M.Kom dan Slamet Wiyono, S.Pd., M.Eng bertugas di SMK PGRI 2 Comal-Pemalang, Dairoh, M.Sc dan Oman Somantri, M.Kom bertugas di SMK Muhammadiyah Wiradesa, T. Bayu Sasongko, S.Kom., M.Eng dan Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom bertugas di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan serta Dega Surono Wibowo, S.T., M.Kom dan M. Fikri Hidayatullah, S.T., M.Kom yang mendapatkan tugas di MA Salafiyah Yapensa Jenggot Kota Pekalongan. Masing-masing tim tersebut dibantu oleh 5 mahasiswa dari semester 1 dan 3 sebagai instruktur.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur PoliTeknik Harapan Bersama Bapak Mc. Chambali, B.Eng., M.Kom mengapresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh Tim Prodi D IV Teknik Informatika, beliau menambahkan bahwa   pelatihan Internet Learning yang dilaksanakan oleh kolaborasi antara Dosen dan mahasiswa D IV Teknik Informatika merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.

14 Desember 2016 - 13:23:49 WIB   0
Prodi D-4 Teknik Informatika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa