Dosen dan Mahasiswa Teknik Informatika Berikan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Internet Bagi Guru SMA Negeri 1 Bulakamba

Kamis (2/06/2016) Dosen dan Mahasiswa Teknik Informatika berkolaborasi dalam memberikan pelatihan pembelajaran berbasis internet atau biasa dikenal dengan Internet Learning. Kegiatan tersebut ditujukan bagi guru SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 30 guru tersebut dilaksanakan sebagai salah satu pengamalan bentuk Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat.

Kepala SMA Negeri 1 Bulakamba yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Sekolah yakni Sumarjo, M.Pd mengapresiasi program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan program studi D IV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama, dalam sambutannya beliau menyampaikan merasa sangat senang atas kedatangan tim dari Prodi D IV Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama yang telah memberikan banyak pengetahuan kepada para Guru di sekolahnya mengenai Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran, dalam hal ini adalah pelatihan internet learning. Pihaknya juga berkomitmen untuk mendorong para guru di sekolahnya agar selalu berinovasi dalam melaksanakan metode pembelajaran.

Ketua Tim pelaksana Danar Ardian Pramana, M.Sc menyampaikan bahwa internet learning adalah sebuah inovasi media pembelajaran berbasis ICT yang dapat dikolaborasikan antara guru, siswa dan orang tua sehingga bisa menjadi suplemen pembelajaran yang dapat dilaksanakan di kelas ataupun diluar kelas. Penggunaan teknologi sebagai tool dan media pembelajaran menjadi sebuah kebutuhan, walaupun sedikit terlambat tapi tetap harus memulainya. “Harapannya kedepan setelah mengikuti pelatihan ini, para Guru bisa menerapkannya sebagai salah satu media pembelajaran  dalam mengajar mata pelajaran  kepada seluruh siswa’ tambahnya.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi D IV Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom berkomitmen untuk memberikan pelatihan-pelatihan berbasis ICT guna mendukung proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah-sekolah yang ada di Jawa Tengah. Beliau juga menambahkan bahwa  pelatihan Internet Learning yang dilaksanakan oleh kolaborasi antara Dosen dan mahasiswa D IV Teknik Informatika merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi walaupun telah beberapa kali dilaksanakan, namun beliau berharap bahwa kolaborasi serupa juga agar intens di terapkan pada dharma yang lain, yakni penelitian

Adapun pemateri pada kegiatan tersebut adalah : Dega Surono Wibowo, S.T., M.Kom, Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom, Taufiq Abidin, M.Kom, Slamet Wiyono, M.Eng., yang bertugas di SMA dengan dibantu oleh 8 mahasiswa semester 2 dan semester 4. Materi yang disampaikan dalam sesi pelatihan tersebut adalah Implementasi  media pembelajaran dengan menggunakan Edmodo.

@bunghasta
03 Juni 2016 17:36:20 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan