Dosen Farmasi PHB Bongkar Manfaat Susu Kambing

Dosen Program Studi D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (PHB), Heru Nurcahyo peringatkan fluktuasi naik turunnya harga susu kambing. Sehingga bilamana terjadi penurunan harga peternak mereka bisa membuat produk lain yang bernilai secara ekonomi. 

“Salah satu solusinya adalah pembuatan sabun cair berbasis susu kambing,” ujar Heru kepada 20 pengusaha peternakan susu kambing di Kantor Kepala Desa Pagongan, Tegal, Selasa (30/11/2021).

Heru menuturkan susu kambing mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah penuaan dini dan alpha hydroxyl acid (AHA) yang bisa mengeksfoliasi kulit dengan baik.

Selain itu, lanjut Heru, susu kambing juga bisa membantu proses regenerasi kulit, mengangkat sel kulit mati, dan menghaluskan kulit dengan kandungan protein tinggi.

“Sinergi antara perguruan tinggi dengan peternak susu kambing di desa pagongan ini merupakan salah satu implementasi bentuk kerja sama dalam rangka melaksanakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi,” kata Heru yang juga menjabat Wakil Direktur 1 Bidang Akademik PHB.

Pengabdian kepada masyarakat (pkm) mitra ini terlaksana sebagai salah satu tawaran solusi sivitas akademika PHB terkait dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“Program ini sebagai kemitraan dalam rangka memberikan alternatif pengolahan susu kambing menjadi sebuah produk. Nantinya jika terjadi surplus susu kambing dapat digunakan dan jika ada kualitas susu yang tidak memenuhi dapat dibuat sabun,” kata Lurah Pagongan Kurniawan.

Sementara Istiqomah Dwi Andari, S.ST, M.Kes menuturkan susu kambing bermanfaat untuk bayi dan balita. “Kebanyakan orang mungkin lebih familiar dengan susu sapi dibandingkan susu kambing. Padahal, susu kambing juga memiliki khasiat yang tidak kalah menyehatkan,” ujarnya.

08 Desember 2021 - 10:11:31 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa