Dosen Farmasi Poltek Harber Beri Pelatihan Pembuatan Eco-enzyme Kulit Jeruk

Program studi (Prodi) D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertemakan pelatihan pembuatan eco-enzyme dari bahan baku limbah kulit jeruk bagi siswa SMAN 1 Larangan, pada Kamis, (8/12/2022).

Dosen D-3 Farmasi Poltek Harber Farmasi, Inur Tivani, S.Si., M.Pd mengatakan, eco-enzyme merupakan cairan dari hasil fermentasi sampah organik yang berguna untuk desinfektan. Kulit jeruk merupakan salah satu limbah yang umumnya dibuang. Padahal bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan eco-enzyme. 

“Eco-enzyme yang telah jadi akan memberikan aroma khas dan dapat diolah menjadi berbagai bentuk sediaan desinfektan salah satunya sediaan seperti hand sanitizer,” kata Inur Tivani selaku ketua komunitas eco-enzyme Kota Tegal tersebut.

Dosen D-3 Farmasi Poltek Harber, Dr. Aldi Budi Riyanta, S.Si., MT, mengatakan, pihaknya memilih PKM di sekolah SMAN 1 Larangan, karena merupakan sekolah adiwiyata yang berbasis lingkungan. 

“SMA Negeri 1 Larangan merupakan sekolah yang berkategori adiwiyata yang menerapkan program 5R yaitu Reduce, Reuse, Recycle, Replace dan Replant,” tambahnya.

Guru dan Humas SMAN 1 Larangan, Fara Olara menuturkan, kegiatan pengabdian dengan tema eco-enzyme ini sangat mendukung upaya sekolah dalam mewujudkan adiwiyata. 

“Pelatihan ini sangat bermanfaat sebagai bekal siswa untuk mendukung upaya sekolah dalam melestarikan lingkungan. Kegiatan ini perlu juga berkelanjutan untuk memberikan ilmu-ilmu lainnya yang dapat dimanfaatkan siswa maupun mendukung upaya sekolah adiwiyata,” tambahnya.

“Saya baru tahu manfaat sampah organik yang dibuat eco-enzyme sangat berguna dan bermanfaat untuk kesehatan,” ujar salah satu peserta Devi Mulyani. Ibnu menambahkan, Ia juga baru mengetahui bahwa sampah organik seperti kulit jeruk selain dapat menjadi kompos, dapat dibuat menjadi eco-enzyme.

Secara terpisah, Wakil Direktur I Bidang Akademik Poltek Harber, apt. Heru Nurcahyo, S.Farm., M.Sc mendukung kegiatan dosen Poltek Harber untuk memberikan ilmu dan kepakarannya di lingkungan sekolah. 

“PKM tersebut merupakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi dan sebagai bentuk dukungan dalam upaya kelestarian lingkungan,” ujarnya.

14 Desember 2022 - 10:21:33 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa