Dosen PHB Beri Pelatihan Guru Membuat Website Pembelajaran

Dosen Program studi D-3 Akuntansi mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) “Peningkatan Kapasitas Guru dalam Pembuatan Learning Management System (LMS) untuk Pembelajaran Daring Menggunakan Google Sites”, di SMK Nusantara 1, Comal, Pemalang, Kamis, (20/01/2022).

“Kasus Covid-19 belum juga usai. Pembelajaran di sekolah masih menerapkan sistem daring. Dengan pelatihan ini dapat membantu guru membuat learning management system (LMS) dengan google site untuk memberikan solusinya,” kata Ketua PKM Imam Hasan.

Sebanyak 30 guru dari SMK Nusantara 1 mengikuti pelatihan tersebut. Imam menjelaskan dalam kegiatan ini guru dilatih membuat website untuk pembelajaran menggunakan google sites.

“Penggunaan website memiliki banyak keuntungan yaitu website dapat diakses dimanapun dan oleh siapapun, website dapat membuat tautan (link), sehingga pembelajar dapat mengakses informasi dari berbagai sumber baik dari YouTube, tautan materi, tautan video, audio dan lain sebagainya, isi website mudah diperbaharui, mendorong belajar mandiri dan interaktif,” kata Imam.

Kegiatan dilakukan di Laboratorium Komputer SMK Nusantara 1 dengan pemaparan materi, kemudian dapat praktik membuat website sebagai learning management system (LMS) disesuaikan dengan mata pelajaran yang diampunya. Hasilnya mereka dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan dapat membuat sendiri websitenya.

“Dengan adanya learning management system. guru dapat membuat website yang sederhana untuk pembelajaran dan langsung dapat diaplikasikan di tengah pembelajaran di masa pandemi covid-19. Saya yakin guru-guru dapat melakukannya, guru-guru dapat beradaptasi dan memanfaatkan teknologi ini untuk pembelajaran”, ujar Imam Hasan.

Imam menuturkan setidaknya ada empat tujuan kegiatan PKM. Pertama mengembangkan wawasan guru pada pemakaian teknologi atau platform baru. Kemudian, melatih guru membuat website sendiri untuk mata pelajaran yang diampunya. Ketiga, membuat pembelajaran online menjadi terstruktur dan terdokumentasi dengan baik karena memanfaatkan website sebagai medianya. Terakhir, melatih guru membuat website yang menarik dan tidak berbayar.

“Kita tidak tahu sampai kapan pandemi akan berakhir. Namun, keterampilan seperti ini tentu sangat dibutuhkan oleh guru-guru di SMK Nusantara 1”, kata Kepala Sekolah SMK Nusantara 1 Lutfi Kamal.

Admin Humas
02 Februari 2022 16:42:50 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami