Dosen PHB Berikan Seminar dan Pelatihan Artificial Intelligence di SMK Nurul Islam Larangan

Sebagai salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat (PKM), Tim Dosen Prodi D-4 Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (PHB) bersama mahasiswa memberikan kegiatan Seminar dan Pelatihan “Teknologi Artificial Intelligence Sebagai Wawasan Salah Satu Ciri Revolusi Industri 4.0”. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 19 Juni 202 dengan menerapkan protokol kesehatan ini diikuti oleh sekitar 50 Siswa dan 10 Guru SMK Nurul Islam Larangan - Brebes dari jurusan Teknik Audio Video dan Teknik Elektronika Industri.

Kepala SMK Nurul Islam Larangan Ir. Ayub Sjahtiyani menuturkan pihaknya merasa sangat senang atas kedatangan dosen dan mahasiswa PHB yang telah memberikan banyak pengetahuan dan ketrampilan kepada guru dan siswanya mengenai artificial intelligence (AI). 

Ketua tim pelaksana PKM Ginanjar Wiro Sasmito menuturkan Revolusi Industri 4.0 telah mendisrupsi beberapa lini kehidupan, yang menyebabkan hilangnya banyak profesi karena digantikan oleh mesin atau software aplikasi yang ditanamkan AI, akan tetapi juga memunculkan banyak profesi baru. “Hal ini perlu diketahui semua kalangan akademis, termasuk guru dan siswa tingkat SMK,” ucapnya.

Adapun materi yang disampaikan oleh Dosen D-4 TI PHB pada kegiatan tersebut diantaranya adalah Peluang dan Tantangan Penerapan Teknologi Informasi pada era Revolusi Industri 4.0 oleh Ginanjar Wiro Sasmito,  Konsep dan Penerapan Teknologi AI oleh M. Nishom, dan Integrasi Hardware dan Software Berbasis Artificial Intelligence oleh Dyah Apriliani.

Peserta kegiatan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, salah satunya dikarenakan materi yang disampaikan merupakan materi yang menarik dengan contoh-contoh yang relevan dan implementatif, disamping itu pemateri kegiatan, baik kegiatan seminar maupun kegiatan pelatihan juga sangat komunikatif dengan peserta, sehingga peserta tidak canggung untuk berdialog, berkomunikasi, dan mengajukan beberapa pertanyaan.

“Materi ini cukup penting bagi guru dan siswa kami, karena belum banyak yang tahu mengenai Revolusi Industri 4.0 yang salah satu cirinya yaitu tentang penerapan teknologi Artificial Intelligence,” kata Rokhmani guru SMK Nurul Islam Larangan. Humas PHB/Gendra. Foto : Prodi Informatika)

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan