Dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal Implementasikan "E-Government" Di Kelurahan Pesurungan Lor Kota Tegal

TEGAL - Sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi dalam bentuk pengabdian kepada masysarakat, dosen politeknik Harapan Bersama yang tergabung dalam sebuah tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program studi D4 Teknik Informatika dan D3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama Tegal melaksanakan kegiatan pelatihan tata kelola E-Government dan implementasinya di Kelurahan Pesurungan Lor Kota Tegal pada Selasa (6/10) yang lalu.  Diikuti oleh para staf dan pegawai kelurahan serta perwakilan dari masyarakat yang berjumlah sekitar 15 orang, kegiatan tersebut disambut baik oleh Lurah Kelurahan Pesurungan Kota Tegal.

Dalam sambutannya Akhmad Suharjo, SIP selaku Lurah pesurungan lor mengatakan sangat senang sekali dengan adanya pelatihan tata kelola e-Government tersbut terlebih dengan dibuatkannya Website berbasis e-Government bagi kelurahan pesurungan Lor. “Kami sangat terbantu dengan kegiatan seperti ini, akhirnya kami dapat meningkatkan pelayanan kami terhadap masyarakat” ujarnya. Ditambahkannya pula bahwa selama ini kelurahan pesurungan Lor selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanannnya kepada masyarakat sekitar dengan selalu berupaya melakukan terobosan-terobosan yang salah satunya adalah memanfaatkan teknologi IT sebagai medianya.

Ketua tim pelaksana PKM Oman Somantri, M.Kom menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari kewajibannya sebagai dosen termasuk seluruh anggota tim. Kegiatan tersebut pula merupakan salah satu permintaan dari kelurahan pesurungan lor yang menginginkan adanya sebuah sistem berbasis IT yang akan digunakan sebagai media informasi dan pelayanan bagi masyarakat di wilayah kelurahan pesurungan kota Tegal. Oman menambahkan kegiatan yang dilaksanakan tersebut sebelum pelaksanaan diadakannya pelatihan tata kelola mengenai e-Government tersebut terlebih dahulu tim PKM telah membuat sebuah website berbasis e-Governmentbagi kelurahan pesurungan lor yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. “Intinya e-Government ini adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien, kelurahan pesurungan lor salah satunya”, tegasnya.

Sebagai anggota tim Rais, S.Pd., M.Kom didampingi Taufiq Abidin, S.Pd., M.Kom, Wildani Eko Nugroho, S.Kom dan Eko Budiarto, S.T dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa seyogyanya pemanfaatan website bagi kelurahan pesurungan lor tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga harapannya di Kota Tegal kelurahan Pesurungan Lor dapat menjadi tolak ukur dan contoh bagi kelurahan lain yang ada di Kota Tegal sebagai salah satu kelurahan yang mengimplementasikan E-Government dalam kegiatan pelayanan terhadap masyarakatnya.

@bunghasta
08 Oktober 2015 13:43:02 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan